Media Inspirasi Masa Kini

Berjalan Bersama Komunitas? Siapkan 5 Tips Berkendara Bersama Konvoi Mobil

harianlampung.co.id

Konvoi Komunitas Mobil

Tentu acara Touring atau istilahnya konvoi komunitas mobil selalu dianggap menyenangkan, menyambung tali silaturahmi dan tak sedikit pula jadi kegiatan sosial, membantu sesama.

Ilustrasi konvoi komunitas mobil

5 Tips Berkendara Bersama Konvoi Mobil

Tapi supaya menjadi lebih mantap, sebaiknya mempersiapkan berbagai hal lebih dulu sehingga perjalanan menjadi aman dan terorganisir. Berikut 5 tips berkendara bersama konvoi mobil.

Membuat Grup Interaktif Di Sosial Media

Langkah terpenting adalah soal komunikasi tentunya, sehingga kegiatan menjadi lebih terorganisir. Maka dari itu, usahakan untuk membuat grup interaktif di sosial media layaknya WhatsApp. Di sana, informasikan segala hal dengan pasti, baik jadwal, waktu serta rute.

Supaya terorganisir, komunikasi sebaiknya dilakukan via sosial media seperti WhatsApp

Jadikan pula jejaring grup tersebut sebagai alat komunikasi di kala ada masalah terkait ban bocor di tengah jalan, kehabisan bahan bakar dan sebagainya. Dengan begitu, semua anggota konvoi bisa paham segala situasi yang terjadi.

Baca Juga  Truk Listrik China Diklaim Bisa Kurangi Ketergantungan BBM

Pastikan Untuk Mengecek Kendaraan

Mengingat Touring umumnya punya jarak tempuh yang sangat jauh, pastikan untuk mengecek kendaraan setiap anggota di rumah masing-masing. Cek beberapa komponen penting seperti lampu, mesin, kaki hingga suspensi. Jika dirasa bermasalah, segeralah mengunjungi bengkel favorit Anda dan perbaiki segala bagiannya. Tentu akan terasa mengganggu bukan, jika tiba-tiba mesin mati di tengah hutan saat perjalanan?

Siapkan Perlengkapan

Jangan lupa juga untuk siapkan perlengkapan baik itu soal medis layaknya P3K, kartu E-Toll, KTP, SIM, STNK, tali pengikat bagasi, Power Bank dan hal-hal teknis. Khawatir terjadi masalah selama perjalanan, lewat adanya perlengkapan tersebut, Anda bisa menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini juga sebaiknya dibawa oleh seluruh anggota konvoi mobil.

Baca Juga  Honda Step WGN Pernah Mampir Di Indonesia, Bakal Jadi Rival Toyota Voxy?

Jangan lupa menyiapkan berbagai perlengkapan layaknya E-Toll

Pilih Rute Jalan Terbaik

Beberapa hari sebelum berangkat, pilih rute jalan terbaik menuju lokasi tujuan. Tapi sebaiknya, jangan tentukan satu rute saja, minimal dua rute sehingga lebih aman dan terorganisir. Mengapa begitu? Ya, khawatir di saat hari H, perjalanan Anda terhambat oleh perbaikan jalan atau mungkin demonstrasi. Nah, enaknya punya dua opsi rute, Anda bisa memilih rute satunya sehingga tak menguras waktu.

Pastikan juga untuk memilih dua opsi rute sebelumnya, berjaga-jaga khawatir ada masalah

Tertib Berlalu Lintas

Tips berkendara bersama konvoi mobil yang terakhir adalah soal tertib berlalu lintas. Tentu bisa dibayangkan bahwa iring-iringan konvoi mobil selalu panjang. Maka dari itu, pastikan untuk selalu tertib berlalu lintas dan sebisa mungkin tidak mengganggu kenyamanan pengendara lain. Di sisi lain, apabila ada anggota yang terpisah akibat lampu merah, sebaiknya tetap menunggu sembari berkomunikasi menggunakan media sosial grup tadi.

Baca Juga  Akselerasi Mobil Matik Berat, Cek Kondisi Kampas Koplingnya

Nah, kira-kira apa ada tips berkendara bersama konvoi mobil lainnya dari teman-teman? Apabila ada, bisa diutarakan di kolom komentar di bawah ini ya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”