Media Inspirasi Masa Kini

Penting! Guna Tutup Pentil Ban Pada Mobil Anda

harianlampung.co.id – Bukan hal yang biasa lagi, hampir setiap orang pasti menganggap sepele akan adanya tutup pentil pada ban mobil. Namun, tahukah Anda kalau tutup pentil pada ban ternyata memiliki fungsi yang cukup vital. Tentu saja, jika Anda menyepelekan tutup pentil, rasakan sendiri akibatnya. Berikut alasan kenapa tutup pentil pada ban mobil begitu penting dan jangan dianggap sepele!

Sebagai Penahan Tekanan Angin

Tidak perlu ditebak lagi, kalau fungsi utama dari tutup pentil pada ban mobil adalah untuk penahan tekanan angin agar tidak keluar. Lantas, Anda sudah pasti akan tau kan bagaimana dampaknya kalau mobil Anda tidak menggunakan tutup pentil yang baik? Tentu saja, tekanan angin pada ban mobil yang seharusnya normal sedikit demi sedikit akan berkurang dan berdampak pada keausan pada tepi ban yang lebih cepat rusak. Bukan hanya itu, ketika tekanan angin berkurang, ban mobil juga kemungkinan akan bisa meledak.

Baca Juga  Sering Kebanjiran? Flood Guard Car Bag Hindari Kerusakan Mobil

Mencegah Debu dan Kotoran Masuk

Salah satu alasan kenapa tutup pentil mobil merupakan hal yang wajib digunakan untuk ban mobil Anda adalah untuk mencegah masuknya debu dan kotoran yang masuk melalui sela-sela kecil pada lubang pentil. Berkaitan dengan poin pertama, jika tutup pentil ban mobil tidak Anda gunakan, maka tekanan angin sedikit demi sedikit akan keluar dan ban akan mengalami kempes atau bahkan kerusakan pada tepi ban mobil. Tentu saja, jika ban mobil Anda kempes, Anda akan melakukan pengisian angin agar tekanan pada mobil ban Anda kembali normal. Lalu, bagaimana dengan debu dan kotoran yang menempel pada sela-sela pentil mobil? Yap! Debu dan kotoran yang menempel pada sela-sela pentil akan masuk ke dalam tekanan angin pada ban mobil Anda. Tentu saja, hal tersebut tidak baik pada kondisi ban mobil Anda. Dengan masuknya debu dan kotoran tersebut akan membuat ban mobil Anda menjadi tidak awet dan lebih cepat rusak.

Baca Juga  Mitsubishi Siapkan 7 Mobil Konsep Pada Tokyo Auto Salon 2022

Tutup Pentil Sebagai Variasi Modifikasi, Kenapa Tidak?

Sekali lagi, jangan anggap remeh soal tutup pentil pada ban mobil Anda. Apalagi jika Anda seseorang dengan jiwa modifikator yang tinggi. Mendandani mobil dengan tutup pentil yang bervariasi akan memberikan penampilan mobil Anda lebih atraktif. Tentu saja, modifikasi mobil Anda akan semakin menarik jika velg yang Anda gunakan pada mobil Anda sesuai dengan tutup pentil yang digunakan. Tentu saja, memodifikasi merupakan hobi yang dapat dilakukan sebebas mungkin. Selamat mencoba!

Baca Juga  JLR Beralih Jadi Merek Mobil Listrik, Jaguar F-Type Dimatikan

Nah, itu dia 3 hal kenapa tutup pentil mobil adalah bagian yang cukup vital. Jangan sampai mobil Anda tidak menggunakan tutup pentil kalau tidak mau ban mobil Anda rusak. Apalagi kalau ban mobil Anda sampai bisa meledak cuma karena hal kecil seperti tutup pentil. Jangan sampai terjadi yah!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”