Media Inspirasi Masa Kini

3 Mitos Tentang Mobil yang Harus Anda Ketahui

harianlampung.co.id – Indonesia adalah negara besar yang sangat menjanjikan oleh para investor luar negeri, tidak terkecuali dalam industri otomotif. Banyak mobil-mobil produksi luar negeri yang kini jadi populer di tanah air, seperti mobil-mobil produksi Jepang yang telah bertahun-tahun menjadi partner masyarakat Indonesia. Tidak hanya mobil Jepang, mobil Eropa juga hadir sebagai pilihan baru dengan modelnya yang futuristik. Nah, dengan banyaknya pilihan mobil ini tentu kita sudah terbiasa mengenal segala bentuk perawatan mobil-mobil tersebut.

Jika kita sudah tidak asing lagi dengan segala macam perawatannya, biasanya disana mulai timbul mitos mengenai berbagai cara perawatan mobil. Jika Anda mempunyai mobil maupun tidak, pasti sudah tidak kaget lagi mendengar aturan-aturan umum saat merawat mobil. Tapi apakah semuanya benar? Belum tentu, bisa jadi diantara aturan tersebut juga ada mitos yang sebenarnya tidak ada relevansinya dalam perawatan mobil. Apa saja sih mitos tentang mobil yang harus kita ketahui? Daripada penasaran, yuk cek di sini :

Baca Juga  Melirik Mobil MPV Jepang? Model yang Satu Ini Bisa Menjadi Pilihan

1. Memanaskan mesin mobil

Kita sering mendengar hal ini. Banyak yang bilang sebelum mobil digunakan baiknya dipanaskan terlebih dahulu. Hal memanaskan mobil ini masih berlangsung hingga saat ini. Tapi tahukah Anda jika hal ini tidak lagi relevan pada saat ini? Jika dulu memanaskan mobil memang sebaiknya dilakukan agar suhu kinerja mesin mobil bisa optimal dan melancarkan pelumasan oli ke seluruh komponen. Namun, untuk saat ini sudah banyak mesin mobil yang dirancang khusus dan tentunya dengan suntikan teknologi canggih. Mesin mobil zaman kini sudah ada alur oli otomatis yang akan menyebar ke semua komponen ketika mesin dinyalakan, sehingga memanaskan mobil tidak lagi diperlukan untuk masa ini.

2. Mesin mobil Eropa lebih berkualitas dibanding mesin mobil Jepang

Jika kita berbicara ketebalan rangka, mobil Jepang memang sedikit rapuh dibanding mobil Eropa. Tapi jika mesin? Jangan salah! Mesin mobil Jepang bahkan tidak jarang mendahului teknologi mesin mobil-mobil Eropa. Mesin mobil Jepang kini sudah menggunakan sistem komputer sehingga rasanya wajar jika mobil Jepang punya inovasi yang luar biasa pada tahun 2017 ini. Mengapa mitos tentang mobil Jepang ini muncul? Sebab di Indonesia sendiri, bengkel dan spare parts mobil Jepang sudah banyak sehingga punya kesan bahwa mesin mobil Jepang tidak berkualitas dan tidak lebih baik dari mobil Eropa, padahal fakta mengatakan sebaliknya.

Baca Juga  Sebuah Riset Temukan Mobil Canggih Rentan Alami Kerusakan, Kok Bisa?

3. Mobil dengan mesin besar BBM nya pasti boros

Jika kita berbicara secara logika, mobil dengan mesin yang besar pasti akan punya konsumsi bahan bakar yang boros. Namun apakah secara teknis berkata demikian juga? Belum tentu sebab ada yang namanya rasio antara produksi tenaga dan bobot. Sederhananya begini, jika bobot mobil terlalu berat tapi mesin yang dihasilkan lumayan kecil, maka konsumsi bahan bakar pasti akan boros. Jika bobot mobil besar dan mesin menyeimbanginya, maka konsumsi bahan bakar akan standar, bahkan bisa lebih hemat jika rasio mesin mobil lebih tinggi dibanding beratnya.

Baca Juga  Cintamobil TV: 6 Mobil Bekas Terbaik di Razia Dealer Amin Motor, Bekasi

Itulah mitos-mitos tentang mobil yang kini sudah tidak perlu dipercayai lagi. Mitos ini bisa jadi karena 2 hal, produk mesin mobil zaman dulu atau intuisi yang berasal dari pengalaman seseorang yang punya mobil. Jika Anda benar-benar ingin melihat spesifikasi sebuah mobil, maka data adalah jawabannya dan akan terhindar dari mitos-mitos tersebut. Nah, Anda sedang mencari mobil bekas dengan daftar spesifikasi yang lengkap? Cek aja di Momobil.id yang jual mobil bekas dengan terjamin sebab Momobil.id memberikan spesifikasi mobil secara lengkap dan realistis, tanpa mitos sama sekali.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”