Media Inspirasi Masa Kini

4 Cara Terbaik Merawat Aki Mobil Anda

harianlampung.co.id – Sebagai salah satu komponen paling penting dari mobil, penting sekali hukumnya untuk merawat aki mobil Anda. Merawat aki mobil, selain bisa memperlama umur aki Anda, juga bisa menyelamatkan dompet Anda dari mengeluarkan uang lebih untuk mengganti aki mobil.

Tenang, merawat aki mobil tidak harus selalu ke bengkel kok! Ada beberapa kebiasaan atau cara untuk merawat aki mobil Anda secara mandiri. Apa saja caranya? Simak 4 cara berikut ini:

Jaga Kadar Air Aki Anda

Salah satu yang sering dilupakan oleh pengendara mobil adalah mengecek kadar air pada aki mobil. Padahal, aki yang menggunakan air harus selalu dijaga kadar airnya, tidak kelebihan dan kekurangan. Kelebihan air bisa menyebabkan bisa menyebabkan air meluap dan merusak bagian kendaraan, sedangkan kekurangan air aki bisa membuat sel aki rusak.

Baca Juga  Masih Ada 2 Hari Lagi, Perhatikan Tips Aman Sebelum Mengunjungi GIIAS 2021

Bersihkan Permukaan Aki yang Berkerak

Kleman terminal (baik kubu negatif mau positif) kadang bisa mengalami kerak kehijauan karena asam dan arus listrik. Jika dibiarkan, kerak ini bisa mempengaruhi kinerja aki. Segera bersihkan kerak tersebut dengan menggunakan air panas secukupnya lalu digosok.

Panaskan Mobil Minimal Sehari atau Dua Hari Sekali

Layaknya badan Anda sering dipacu untuk bekerja keras, lama-kelamaan akan mengendur bukan jika dibiarkan bersantai terlalu lama dan sulit rasanya agar bisa kembali dipacu untuk bekerja keras? Begitu juga aki mobil. Aki mobil paling tidak harus bekerja minimal sehari atau dua kali sehari untuk mencegah soak.

Baca Juga  Arus Mudik Padat, Ketahui Tips Aman Berkendara di Jalan Tol

Jangan Menambah Aksesoris Berlebihan yang Tidak Perlu

Terkadang, gatal rasanya untuk menambah perkakas atau gadget pada mobil. Namun, kebanyakan perkakas atau aksesoris ini memerlukan tenaga aki sehingga tenaga aki harus dibagi lebih luas lagi. Untuk itu, usahakan untuk tidak memasang aksesoris tambahan yang tidak terlalu penting (seperti audio system yang megah) dan membuat daftar prioritas agar aki Anda tidak cepat soak.

Tidak sulit bukan merawat aki mobil Anda agar tidak cepat rusak? Anda bisa melakukan hal-hal di atas secara mandiri tanpa harus ke bengkel, kecuali untuk poin terakhir. Untuk poin terakhir sepertinya Anda harus menahan hasrat terpendam Anda. Karena daripada menghabiskan uang untuk memasang aksesoris yang tidak terlalu penting, lebih baik uangnya Anda tabung untuk mengganti mobil Anda dengan mobil bekas yang lebih berkualitas bukan?

Baca Juga  F1: Hujan di GP Rusia 2021 Gagalkan Norris Bersinar, Hamilton Raih Kemenangan ke-100

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”