Media Inspirasi Masa Kini

Tips Membeli Mobil Toyota Yaris Bekas Online

harianlampung.co.id – Seiring dengan perkembangan teknologi, apapun yang diinginkan bisa didapatkan dengan mudah dengan sistem jual beli online. Tidak hanya barang murah tetapi barang dengan harga fantastis seperti mobil juga bisa didapatkan dengan mudah dengan sistem online. Salah satu mobil bekas yang laris dipasaran adalah Mobil Toyota Yaris yang merupakan mobil city car yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Modelnya yang mini membuatnya tampil trendy di jalan dan terkesan sporty, dan juga mesinnya yang tidak mudah rusak membuat orang-orang semakin menggemarinya. Jika Anda ingin membeli Mobil Toyota Yaris Bekas secara online ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, ini dia tipsnya untuk Anda:

Dari Segi Mobil

1. Lampu-LampuLampu-lampu mulai dari lampu depan, lampu belakang, dan lampu dalam mobil harus di cek kondisinya apalagi untuk mobil Toyota Yaris Bekas yang sudah berusia di atas 10 tahun, cek lampu wajib untuk dilakukan.

2. BusiLemahnya kondisi busi bisa membuat kerja mesin menjadi menurun dan dampaknya konsumsi bbm bisa menjadi lebih boros dan juga bisa berakibat pada mesin yang tersendat karna gagal untuk memercik.

3. RemRem juga penting untuk diperhatikan, apakah rem berbunyi jika digunakan secara kontinyu, jika iya maka rem harus diperiksa secara lebih mendalam.

Baca Juga  Ford vs Ferrari Sabet Dua Oscar, Ini Kisah di Balik Kesuksesannya

4. AkiUntuk menilai keadaan aki kita memang butuh alat khusus, tetapi sebenarnya kita bisa menilainya dengan mata dari tingginya cairan, lalu perhatikan apakah sel-sel sudah ada yang melengkung apa belum. Perhatikan juga korosi pada terminal aki, lalu cek juga apakah kabel positif dan negatif sudah longgar apa belum. Jika korosi dan kabel kendur maka dampaknya daya hantar arus listrik akan menjadi lebih sehingga nantinya tidak akan cukup kuat untuk memutar mesin.

5. Sok brekerSok breker adalah bagian yang vital untuk keselamatan berkendara, jika sudah lemah maka akan memperpendek masa umur ban. Umumnya sok breker lebih mudah untuk dideteksi kerusakannya dengan lihat apakah ada lelehan oli pada area sekitarnya atau masalah lainnya adalah dudukan sokbreker yang sudah dihinggapi oleh karat.

6. KnalpotPastikan knalpot mobil Toyota Yaris bekas ini tidak mengalami kebocoran pada exhaust manifold, muffler, dan pipa. Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah suaranya, apakah ada suara yang keras yang tidak normal.

7. FilterAda tiga filter yang harus Anda perhatikan dalam membeli mobil bekas yaitu filter udara, oli, bahan bakar, jika semua kondisinya baik maka bisa memperpanjang umur mobil. Sebaliknya jika semuanya berada dalam kondisi tidak terwat atau kotor maka kondisi mesin pasti akan relatif lebih menurun.

Baca Juga  Tips Modifikasi Toyota Calya yang Murah dan Tak Merusak Garansi

8. BeltBelt yang bermasalah akan menimbulkan suara decit yang kera, kendurnya belt bisa mempengaruh kondisi pendingin mobil (AC), kerja alternator dan juga power steering.

9. BanBan yang gundul jelas akan beresiko tinggi saat digunakan untuk berkendara, meskipun hanya sebagian tapak saja, tetapi hal ini harus sangat diperhatikan bagi para pembeli mobil.

Dari Segi Pembayaran

Melakukan transaksi jual beli mobil secara online banyak hal yang harus diperhatikan. Walaupun terlihat sangat mudah tetapi Anda perlu juga mewaspadai hal-hal yang patut untuk di curigai.

1. Jangan memberikan uang sebelum melihat kondisi mobil dan penjualnya.

Jangan sekali-sekali Anda tertipu dengan orang-orang yang ingin melakukan pembayaran dengan cara yang cepat, sehingga membuat Anda terburu-buru dalam melakukan pembayaran sebelum melihat kondisi fisik mobil secara nyata. Oleh karena itu Momobil.id sangat merekomendasikan pertemuan antara 2 pihak pembeli dan penjual untuk menilai kondisi mobil. Sehingga Anda juga harus menilai dimanakah domisili penjual, Jika Anda berdomisili di Jakarta maka sebaiknya Anda membeli mobil bekas di Jakarta. Momobil.id juga akan mengirimkan teknisi mesin atau yang kami sebut Expert secara cuma-cuma untuk menilai kondisi mobil Toyota Yaris bekas yang akan dibeli, apakah spesifikasi yang dibuat di website sama atau tidak dengan kondisi aslinya, sehingga akan mengurangi aanya tindak kecurangan.

Baca Juga  Penjualan Daihatsu Naik 41,8 Persen, Dipuncaki Sigra

2. Cek Plat Nomor

Setelah Anda sudah bertatap muka dan juga sudah menilai mobil yang akan di beli, maka hal berikutnya yang Anda harus lakukan adalah mengecek plat nomor polisinya, terutama dalam pembelian mobil bekas, unutk memastikan bahwa mobil ini bukanlah mobil curian.

Itu dia sedikit tips untuk Anda dalam membeli mobil Toyota Yaris bekas sehingga Anda akan terhindar dari segala bentuk penipuan. Dengan memperhatikan tips di atas tentu akan meminimalisir sesuatu yang tidak diinginkan saat membeli mobil toyota yaris bekas. Anda juga harus tahu perubahan apa yang dialami oleh Toyota Yaris agar sesuai dengan spesifikasi yang Anda cari. Semoga bermanfaat!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”