Media Inspirasi Masa Kini

Tips Memasang Selang Radiator Aftermarket, Jangan Hanya Terpikat Dari Tampilan Saja

harianlampung.co.id

Selang radiator atau radiator hose, menjadi salah satu komponen yang kerap mengalami penggantian, baik untuk kepentingan estetika ruang mesin atau memang untuk memaksimalkan kerja pendinginan mesin. Untuk mobil standar, umumnya selang radiator bawaan pabrik menggunakan material karet. Namun pada selang radiator aftermarket, juga teredia selang dengan material silicon plus berbagai macam pilihan warna yang menarik. Sehingga aplikasi selang radiator aftermarket juga mampu membuat tampilan mesin mobil Anda terlihat lebih atraktif.

Pilih selang radiator aftermarket yang berkualitas agar kerja pendinginan mesin mobil Anda tidak terganggu

Namun sebelum Anda mengganti selang radiator dengan versi aftermarket, pastikan kualitas material dan ukuran selang yang akan terpasang sesuai dengan spesifikasi mesin. Soalnya, selang radiator bukan sekedar selang yang berfungsi sebagai media untuk sirkulasi air radiator, namun, juga harus memiliki kemampuan untuk menahan tekanan serta suhu tinggi yang dihasilkan air radiator. ”Makanya pada versi aftermarket, ditambahkan lapisan silikon agar lebih lentur dan tahan terhadap suhu dan tekanan ketimbang karet biasa,” terang Raihan dari bengel PF Motorsport di kawasan Pondok Gede, Bekasi.

Baca Juga  Barang Impor Makin Mahal, Siap Beralih ke Komponen Aftermarket Lokal

Selang radiator aftermarket memiliki beberapa pilihan warna yang menarik

Selang radiator baik bawan pabrik atau aftermarket umumnya memiliki ketebalan sekitar 3 mm. Hal tersebut bertujuan agar kuat dalam menahan tekanan dan suhu tinggi yang dihasilkan oleh sirkuasi air radiator. Selain itu, selang radiator aftermarket juga harus fleksibel, agar dapat terpasang sempurna dan tak mudah rusak atau reatk ketika dipasangkan pada sela-sela ruang mesin yang sempit dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga  Hati-Hati Menggunakan Aditif Bahan Bakar Karena Mesin Anda Jadi Taruhannya

Sesuaikan selang radiator aftermarket pilihan Anda dengan spesifikasi dan konfigurasi mesin agar dapat terpasang sempurna

Sehingga, selang radiator aftermarket yang berkualitas, memiliki ketebalan yang dan elastisitas yang memenuhi standar spesifikasi mesin. ”Lihat saja dari ketebalannya,. Ada produsen yang merilis radiator hose namun lebih tipis. Memang lebih murah, namun beresiko bocor dalam jangka waktu yang lama,” tambah Raihan. Beberapa produsen selang radiator seperti Samco, Trillion dan Mishimoto memiliki radiator hose kit yang sesuai dengan spesifikasi mesin tertentu.

Selain selang, gunakan klem pengikat selang radiator yang berkualitas baik agar tak mudah bocor

Selain itu, selang radiator aftermarket juga memiliki beberapa pilihan ukuran dan diameter, lantaran tergantung dari ukuran radiator, kemampuan water pump (pompa air) hingga kapasitas mesin. sehingga, sebelum memasang atau meng-custom selang radiator, pastikan dengan ukuran yang tepat. Karena jika tidak, akan mengganggu sirkulasi dari air radiator dan berefek pada performa pendinginan mesin dan berisiko menimbulkan overheat. jadi pilih jangan memilih selang radiator aftermarket hanya berdasarkan tampilan ya!

Baca Juga  Nissan Pamer Mobil Listrik di Jakarta Auto Week 2022, Tawarkan Banyak Promo

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”