Media Inspirasi Masa Kini

Jika Kisi-kisi AC Mobil Keluar Asap Putih, 3 Hal Ini Penyebabnya

harianlampung.co.id

Sebagian pemilik mobil mungkin pernah mengalami kisi-kisi AC yang keluar asap tipis berwarna putih. Banyak mitos yang beredar jika asap tersebut merupakan pertanda ada api yang sedang menyala di ruang mesin sehingga sangat berbahaya jika perjalanan dilanjutkan.

Mengapa AC Mobil Keluar Asap Putih?

Anggapan itu tidak sepenuhnya salah, namun juga bukan berarti benar. Ada beberapa hal yang ternyata bisa menyebabkan kisi-kisi AC mobil keluar asap putih.

1. Evaporator Kotor

Evaporator yang kotor akan menyumbat saluran udara dingin dan membentuk gumpalan es

Baca Juga  Membersihkan Busi Sendiri? Kenapa Tidak!

Penyebab paling sering sehingga timbul asap putih dari kisi-kisi AC mobil adalah evaporator yang kotor. Jika komponen ini tersumbat kotoran, maka akan membentuk gumpalan es pada saluran keluar udara dingin. Akibatnya jika gumpalan es ini dihembuskan oleh angin blower, maka yang keluar dari kisi-kisi AC mobil adalah asap putih.

2. Pulley Macet

Kalau tali kipas dan pulley bergesekan terus menerus akan menimbulkan asap

Baca Juga  Tips Ampuh Hilangkan Bau Kabin Mobil Baru

Pulley merupakan bantalan tali kipas pada sistem AC mobil. Pada pulley terdapat bearing untuk membantu perputaran tali kipas lebih lancar. Jika bagian bearing ini macet, maka tali kipas dan pulley akan bergesekan terus menerus. Kondisi inilah yang menimbulkan asap putih lalu keluar melalui kisi-kisi AC mobil.

3. Freon Bocor

Waspada bahayanya jika freon bocor

Inilah kondisi paling berbahaya jika kisi-kisi AC mobil keluar asap putih. Sebagai komponen untuk membantu proses pendinginan di sistem AC mobil, freon sangat berbahaya jika sampai terhirup manusia. Untuk itulah penting melakukan perawatan berkala guna mencegah freon bocor.

Baca Juga  Semua Tilang Dilakukan Elektronik, Begini Cara Bayar Secara Online

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”