Media Inspirasi Masa Kini

Volvo Kembangkan Mobil Ramah Lingkungan dari Plastik

harianlampung.co.id – Mobil Ramah Lingkungan | Plastik Daur Ulang

Volvo terus menjalankan komitmennya untuk ikut serta melestarikan lingkungan dunia dengan menghadirkan mobil ramah lingkungan. Produsen mobil Swedia itu menargetkan pada tahun 2025, setidaknya 25 persen komponen plastik yang digunakan di mobilnya merupakan plastik daur ulang.

Volvo pun berencana meluncurkan mobil ramah lingkungan Volvo XC60 plug-in hybrid spesial yang sejumlah komponennya menggunakan material dari bahan serat dan plastik daur ulang.

Pada bagian interior, mobil ramah lingkungan XC60 seperti tunnel transmisi memakai material daur ulang yang bersumber dari jaring ikan dan tali nelayan. Karpet mobil menggunakan plastik yang berasal dari daur ulang botol plastik dan campuran katun produsen pakaian.

Baca Juga  Nggak Mau Kalah Saing, Chery Akan Usung Fitur Voice Command Berbahasa Indonesia Juga

“Kami sudah bekerja dengan beberapa pemasok besar. Namun, kami perlu meningkatkan ketersediaan plastik daur ulang jika kami ingin mewujudkan ambisi kami,” ujar Senior Vice President of Global Procurement at Volvo Cars, Martina Buchhauser, dilansir Carscoops.

Bagian lain yang akan memakai material daur ulang adalah jok. Bahan yang dipilih berupa serat PET. Jok bekas dari mobil tua pun diaplikasikan di bawah kap untuk bahan penyerap suara.

Baca Juga  GIIAS 2022: Daihatsu Bicara Soal Rocky Hybrid, Masih Untuk Riset Pasar Indonesia

Mobil ramah lingkungan Volvo XC60 sendiri merupakan sebuah mobil crossover SUV (sport utility vehicle) yang pertama kali diproduksi tahun 2008. Mobil ini bagian dari Volvo seri 60.

Sebenarnya rencana Volvo dalam menjaga lingkungan dunia bukan dari segi material saja. Tahun lalu, mereka mengumumkan bahwa mulai 2019, semua produksi mobilnya bertenaga listrik dan hibrida.

Sebagai langkah awal, mereka berencana meluncurkan lima model mobil listrik dari 2019 – 2021. Kita tunggu saja produk mobil ramah lingkungan Volvo tersebut!

Baca Juga  McLaren 720S, Mobil Super Fast & Furious dengan Body Serat Karbon

Oleh : Ibnu Bastono

Foto : Istimewa

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”