Media Inspirasi Masa Kini

Surat Tilang Manual Ditarik, Tugas Polantas Tetap Banyak

harianlampung.co.id – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo ingin penindakan pelanggaran lalu-lintas sudah tidak melakukan tilang manual. Kini tilang dilakukan secara elektronik.

Budiyanto, pemerhati masalah transportasi dan hukum, mengatakan, tidak adanya tilang manual tidak berarti tugas polisi di jalan hilang. Sebab tugas Polisi khususnya Polantas bukan hanya menilang pelanggaran.

“Masih banyak tugas Polantas yang harus dikerjakan. Dalam STR Kapolri yang memerintahkan penegakan hukum konvensional supaya ditiadakan dan diganti dengan sistem E-TLE adalah dalam rangka mengefektifkan salah satu tugas Polri di bidang penegakan hukum agar lebih efektif, dan menghindari penyalah gunaan wewenang berupa pungli,” kata Budiyanto dalam keterangan resmi, Jumat (28/10/202).

Namun menurut Budiyanto, banyak penegakan hukum yang belum terjangkau CCTV E-TLE, sehingga polisi tetap perlu mengedepankan edukasi, memberikan teguran, diarahkan dan diberikan pengertian.

Baca Juga  Bos Motorsport Porsche Kasih Sinyal Positif Masuk ke F1 Mulai 2026

“Ke depan laksanakan Ops Simpatik dengan mengedepankan Dikmas lantas dan melakukan tugas-tugas preventif lainnya dengan memberikan pelayanan penjagaan, pengaturan, patroli pada daerah rawan macet, langgar dan kecelakaan,” kata dia.

Budiyanto mengatakan, dalam perintah Kapolri tersebut juga ada penekanan pada penanganan atau penindakan terhadap perkara kecelakaan lalu-lintas.

Baca Juga  Tidak Bayar Pajak Dua Tahun, Siap-Siap STNK Tidak Bisa Diperpanjang

Penekanan tugas pada STR tersebut cukup luas bukan hanya berkaitan dgn mengefektifkan tilang E-TLE dan meniadakan penindakan cara-cara konvensional namun juga menyinggung cara-cara edukasi dengan memberikan teguran bagi para pelanggar.

“Menurut jabaran saya pada jalan yang belum terpasang E- TLE dan memberikan dikmas lantas dan tugas-tugas preventif berupa penjagaan, patroli dan pengaturan di lapangan. Tugas-tugas tersebut membutuhkan tampilan petugas di lapangan yg relatif cukup banyak,” kata dia.

Budiyanto mengatakan, meski sudah tidak ada tilang manual tidak berarti polisi hilang di jalan. Karena itu perlu ada pengecekan di lapangan secara keseluruhan.

Baca Juga  Aliansi Nissan-Mitsubishi Luncurkan Livina Versi Mungil

“Perlu ada pemahaman bagi seluruh anggota bahwa tugas-tugas polantas bukan hanya di bidang penegakan hukum semata tapi ada tugas-tugas yang juga penting berupa edukasi pada pengguna jalan yang melanggar,” kata dia.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”