Media Inspirasi Masa Kini

Ini Pantangan Pengemudi Mobil yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Berkendara

harianlampung.co.id

Sebagai pengendara mobil Anda harus perhatikan peraturan yang berlaku di jalan. Tapi ada juga hal lainnya tidak tertulis tentang pantangan pengemudi mobil. Apa saja itu? Simak tipsnya di bawah ini seperti yang dilansir dari laman Garda Oto.

Jangan menggunakan ponsel ketika berkendara!

Pertama makan saat berkendara. Melakukan kebiasaan ini tentunya sangat berbahaya, hal itu bisa membahayakan diri Anda dan orang lain. Biasanya saat sedang makan konsentrasi akan berkurang, lebih fokus dengan makan dibandingkan mengemudi mobil. Sebabnya ini sangat perlu Anda perhatikan dan disarankan untuk Anda menepi terlebih dahulu untuk menghabiskan makanan bawaan Anda lalu baru bisa melanjutkan perjalanan.

Baca Juga  Daihatsu Dress Up e-Challenge Digelar, Gaet Lebih 1000 Mobil Dari Dua Negara

Kedua bermain smartphone, pantangan pengemudi mobil ini sudah atur larangannya dan bisa terjerat UU No. 22 tahun 2009, pasal 106 ayat 1 tentang pengemudi wajib mengendarai kendaraan dengan penuh konsentrasi, dan jika dilanggar akan dijerat denda maksimal Rp 750.000,- dan kurungan 3 bulan seperti yang diatur pada pasal 283 UU yang sama.

Jangan bercanda berlebihan di dalam mobil!

Oleh sebab itu, mengemudilah dengan fokus dan jangan sesekali menggunakan smartphone ketika berkendara, kecuali dalam keadaan darurat, itu semua demi keselamatan bersama. Jika ada hal yang darurat, cobalah untuk berhenti di tempat yang aman dan baru menggunakan smartphone.

Ketiga mengemudi saat keadaan mengantuk, kecelakaan di jalan banyak terjadi biasanya karena hal ini. Bila Anda merasakan kantuk yang teramat, lebih baik jangan dipaksakan karena bisa berbahaya bagi Anda dan pengguna jalan lainnya. Kondisi kurang tidur saat mengemudi membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi dan merespon apapun yang terjadi di jalan raya. Berhentilah sebentar di pinggir jalan atau rest area, regangkan badan, cuci muka, atau bila perlu tidur sebentar untuk mengembalikan kondisi tubuh Anda agar bisa siap untuk melanjutkan perjalanan.

Baca Juga  Modifikasi Digital Suzuki XL7, Bisa Jadi Inspirasi Nih!

Pantangan pengemudi mobil lainnya ialah bercanda berlebihan, baik pengemudi yang masih pemula atau pengemudi yang sudah berpengalaman tidak boleh bercanda secara berlebihan selama mengendarai mobil, apalagi jika sampai tertawa terbahak-bahak, karena akan mempengaruhi respon seseorang dalam menyetir mobil.

Terakhir menggunakan Make-up, biasanya hal ini sering dilakukan oleh pengendara wanita. Menggunakan make-up saat berkendara atau saat lampu merah sangat tidak disarankan, karena akan membuat Anda kehilangan konsentrasi saat berkendara sehingga bisa membahayakan Anda dan pengendara lain.

Baca Juga  Ingin Menjual Mobil Bekas, Lebih Baik Tukar Tambah Atau Jual Sendiri?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”