Media Inspirasi Masa Kini

Modifikasi Mobil Bekas Agar Menarik Dan Berkelas

harianlampung.co.id – Tips Modifikasi | Mobil Bekas

Memodifikasi mobil bisa murah tapi bisa juga mahal, tergantung tampilan yang Anda inginkan. Cara menyulap mobil bekas menjadi seperti baru dengan memberikan sentuhan yang tepat. Selain menambah estetika juga bisa mendongkrak nilai jual. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk modifikasi mobil bekas agar terlihat menarik dan berkelas.

Memoles bodi dan kaca

Mobil bekas yang bodi dan kacanya mulus, harganya akan bertahan tinggi. Tetapi jika ternyata tidak terlalu mulus, harga akan mudah digoyang. Dan jika Anda memilih opsi kedua, sebaiknya cari mobil bekas yang kondisinya tidak terlalu parah. Ini agar Anda tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya perbaikannya. Memoles (polish) bodi dan kaca dapat dilakukan sendiri atau menyerahkan pada ahlinya. Jika Anda ingin memoles sendiri, jangan terburu-buru cepat selesai karena sangat dibutuhkan kesabaran untuk melakukannya. Atau jika Anda ingin menyerahkannya kepada tukang poles, siapkan budget maksimum 1,5 juta.

Baca Juga  Porsche Sapu Dua Podium Di Ajang Formula E Mexico City 2022

Mengecat ulang bodi mobil

Usia mobil bekas pasti mempengaruhi kondisi eksteriornya. Misalkan saja cat pudar atau terkelupas termakan usia, cat blok untuk menutupi lecet maupun bekas kecelakaan, permukaan mobil yang penyok atau tak rata, dan masih banyak lagi. Agar dapat menyerupai kondisi baru atau kembali fresh, Anda dapat melakukan pengecatan ulang. Setelahnya dapat digunakan wax untuk melindungi cat baru dari ultraviolet matahari dan menjaga agar warna cat tidak cepat kusam.

Mengubah eksterior

Membeli mobil bekas yang lebih murah lantas mendandaninya sedemikian rupa, akan menghapus kesan mobil bekas. Selain pemolesan dan cat ulang, ada cara lainnya seperti mengganti ban berikut velg yang lebih kekinian, mengganti lampu depan maupun belakang dengan desain kekinian, atau menambahkan asesoris lainnya agar karakter mobil Anda lebih memikat.

Baca Juga  Mau Beli Toyota Raize? Kenali Perbedaan Raize 1.0 Turbo G, GR Sport CVT dan GR Sport TSS

Mengubah interior

Ada beberapa ornamen interior mobil yang umumnya mengalami permak, yakni kemudi, tuas transmisi, jok mobil, dan dashboard. Ini dapat dirubah secara custom sesuai dengan budget maupun selera Anda. Tujuan mengubah interior umumnya agar tampak elegan, sporty dan mewah.

Modernisasi perangkat hiburan dan fitur tambahan

Jendela belum power window, maka bisa dipasangkan power window. Tape yang ketinggalan zaman bisa diganti dengan tape model baru. Audio yang masih biasa saja, bisa diganti dengan yang luar biasa. Bahkan fitur keselamatan yang sebelumnya tak ada, bisa dipasang dengan fitur terkini. Ibarat rumah, mobil bekas butuh renovasi agar nyaman, indah, dan menarik. Renovasi pada mobil bekas bahkan akan meningkatkan performa dan gengsi si pemiliknya. Karena mobil yang sudah dimodifikasi cenderung diminati oleh pemilik berkocek tebal.

Baca Juga  Ford vs Ferrari Sabet Dua Oscar, Ini Kisah di Balik Kesuksesannya

Ada yang harus diperhatikan dalam memodifikasi mobil bekas. Yang paling utama adalah apakah modifikasi tersebut bersifat permanen atau dapat dikembalikan ulang dengan onderdil originalnya. Ini mengacu pada harga jual kembali jika Anda kelak ingin mengganti mobil dengan menjual mobil yang telah dimodifikasi. Simpan onderdil orisinil mobil bekas Anda, dan kembalikan kelak jika ingin menjualnya agar harga tak turun drastis. Perlu Anda ingat, mobil yang sudah tidak orisinil karena sudah dimodifikasi, harganya akan jatuh.

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”