Media Inspirasi Masa Kini

Cara Aman Parkir di Gedung Bertingkat

harianlampung.co.id

Sebagai pengemudi, selain harus pandai berkendara di jalan raya, juga wajib mahir memarkirkan kendaraan. Baik saat parkir di area terbuka atau outdoor maupun di parkiran ruangan alias indoor.

Untuk jenis parkir indoor ada beberapa macam, termasuk parkir di gedung bertingkat seperti gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan. Nah kali ini yang akan dibahas adalah cara aman parkir di gedung bertingkat.

1. Jaga Kecepatan

Selalu waspada orang melintas dan jalur sempit ketika memasuki gedung parkir

Ketika akan masuk ke parkiran di gedung bertingkat sebaiknya jaga kecepatan kendaraan Anda. Karena mungkin saja ada kendaraan yang akan keluar dari tempat parkir, atau ada orang yang melintas.

Baca Juga  Muse dari Rolls-Royce Perkenalkan Karya Seni Para Juara Spirit of Ecstasy Challenge 2022

2. Perhatikan Jarak Aman

Jika situasi gedung parkir saat itu cukup ramai, misalnya di pusat perbelanjaan saat akhir pekan, perhatikan jarak aman dengan kendaraan lain. Pastikan jarak dengan kendaraan lain tidak terlalu dekat. Ini dmei menghindari tabrakan di area parkiran.

3. Waspada Jalan Spiral

Perlu teknik berkemudi andal saat melintas di jalan spiral

Saat parkir di gedung bertingkat, sering kali Anda menemui jalan menuju tempat parkir berbentuk spiral. Saat menghadapi situasi ini sebaiknya Anda tetap fokus berkendara. Gunakan gigi 1 atau 2 untuk mobil transmisi manual atau D3 untuk mobil transmisi otomatis. Lalu fokuskan mata pada satu titik, misalnya bagian depan mobil. Hal ini agar tetap berkonsentrasi selama berkendara dan juga tidak mual akibat jalanan spiral tersebut.

Baca Juga  Berburu Kredit Mobil Medan untuk Mudik

4. Gunakan Parking Brake

Ketika akses menuju area parkir di gedung bertingkat cukup ramai dan tersendat, sebaiknya gunakan rem tangan atau parking brake. Jangan hanya andalkan injak rem atau menginjak setengah kopling bagi pengemudi mobil transmisi manual. Lalu setelah mobil terparkir dengan baik, jangan lupa juga untuk aktifkan parking brake tersebut. Ini demi menghindari mobil melaju dengan sendirinya karena faktor kondisi tempat parkir yang tidak rata.

Baca Juga  Kesalahan Memakai AC yang Sering Dilakukan oleh Pengemudi dari SEAT

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”