Media Inspirasi Masa Kini

Velg Mobil, Asesoris yang Semakin Unik Semakin Termahal

harianlampung.co.id – Tips Mobil | Mobil Bekas

Velg mobil diibaratkan sepatu trendy. Penampilannya bisa mengubah keseluruhan image mobil. Untuk memasangnya dibutuhkan biaya yang variatif. Semakin unik velg, maka semakin mahal. Tak percaya? Ini faktanya!

Untuk mengenal velg mobil, ada kategorinya yang harus diketahui sebagai dasar penilaian dan pertimbangan saat memasangnya kelak. Untuk tahap awal adalah mengenal istilah-istilahnya.

Mungkin Anda telah mengenal istilah velg mobil 15, 17, atau 18 dengan lebar 8 atau 9. Angka tersebut menandakan ukuran inci. Untuk 15, 17, atau 18 adalah ukuran diameter roda, dan 8 serta 9 adalah ukuran lebar penampang roda. Kemudian ada istilah pitch circle diameter (PCD) dan offset.

PCD artinya jarak diameter antara baut roda yang berseberangan pada velg. Jika baut velg berjumlah 5 atau ganjil, pengukurannya adalah mematok titik tengah antara dua lubang baut yang berdampingan dengan titik tengah dua lubang baut di seberangnya. PCD harus sesuai pemasangannya dengan ukuran standar velg, karena jika tidak maka mobil akan kehilangan unsur kenyamanan bahkan keamanan.

Baca Juga  Lewat Pameran, Jeep Coba Goda Konsumen Indonesia

Sedangkan offset adalah bentuk yang diukur dari penampang tengah velg hingga ke bibir velg. Satuan ukurannya diantaranya adalah ET 10, ET 25, ET 40 dan lainnya. Makin kecil angka, penampang tengah makin menjorok ke dalam serta bibir velg semakin lebar. Begitupula kebalikannya.

Memasang velg offset jauh lebih rumit dibandingkan memasang velg PCD. Dibutuhkan presisi yang akurat agar tidak mengganggu fender, mangkok shockbreaker, dan spakbor. Risiko kerusakan kaki-kaki dapat lebih rentan jika pemasangannya tak benar. Hal lainnya pada pemasangan velg mobil yang juga harus Anda ketahui adalah lebar velg, JJ berstandar JIS, diameter velg, model adopsi velg, dan jumlah lubang baut.

Baca Juga  GIIAS 2022: Kia Carens Meluncur Harga Rp 389 Juta – 449 Juta

Produsen mobil selalu melengkapi velg dan ban dengan standarnya masing-masing atau OEM (Original Equipment Manufacturer) dan sebagian besarnya memprioritaskan pada faktor keamanan dan kenyamanan. Jika ada penggantian velg mobil, maka batas maksimal up-size adalah dua inci. Lebih dari itu akan ada masalah jika tak ditangani dengan benar.

Penggantian velg mobil dari standar OEM ke bentuk lainnya identik dengan fashion. Untuk peruntukannya, velg dan ban yang telah diganti tujuan dominannya adalah menampilkan performa dan kontes. Mahalnya velg karena dikaitkan dengan unsur fashion. Semakin unik maka semakin mahal. Karena bahan pembuatan velg-pun akan turut mengikutinya.

Baca Juga  FIRST DRIVE Honda BR-V 2021: Definisi Pengalaman Berkendara LSUV yang Seharusnya?

Aksesoris velg mobil bisa didapat mulai dari jutaan bahkan hingga ratusan juta, tergantung velg dan merek yang dipakai. Bagaimana, tertarik mendandani velg mobil Anda?

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”