Media Inspirasi Masa Kini

Mengenal Perangkat Sistem Audio High Performance Untuk Mobil Bekas

harianlampung.co.id – Audio Mobil | Mobil Bekas

Audio system seharusnya kompatibel dengan kondisi mobil. Makanya audio system termasuk dalam fasilitas yang dilengkapi sejak awal oleh produsen otomotif. Bagaimana jika Anda membeli mobil bekas dan ingin membangun sistem audio high performance namun tetap ramah di kantong?

Pertama tentukan budget pemasangan audio mobil Anda. Namun yang perlu Anda ingat bahwa sistem audio yang baik tidak harus selalu mahal, yang terpenting adalah sistem audio yang matching. Biasanya spek barang yang harus dibeli adalah power, sub, capasitor bank, speaker split, speaker coaxial, dan tentunya head unit yang paling penting.

Baca Juga  Tahun Depan, Honda Rilis Dan Produksi 2 Model Hybrid Di Indonesia

Solusi utamanya menggunakan head unit yang berkualitas kalau perlu head unit yang ada front, rear, sub. Lalu pilih power amplifier yang berkualitas dan sudah teruji secara teknis (bisa di lihat review dan testimoninya dari berbagai sumber ) karena power amplifier yang baik akan menghasilkan suara yang empuk di telinga Anda.

Bila perlu pasang juga subwoofer agar suara dentuman bass keluar. Selain power amplifier, gunakan juga subwoofer, tapi sesuaikan dengan kriteria jenis mobilnya serta ukurannya. Biasanya mobil suv, mpv, microbus cocok menggunakan subwoofer 12 inchi double coil dan city car cocok menggunakan sub 10 inchi atau speaker aktif serta berbagai macam sub yang dijual dipasaran.

Baca Juga  Tips Modifikasi Daihatsu Terios Tampil Gagah Bergaya Ala ALTO atau Rally Look

Gunakan juga capacitor bank untuk menstabilkan kelistrikan mobil supaya aki dan alternator tidak jebol dan awet. Pilihan lain untuk upgrade sistem audio mobil Anda menggunakan prosesor. Meskipun harga prosesor memang cukup mahal, bisa mencapai Rp1 juta hingga Rp6 juta, namun suara yang dihasilkan akan jauh lebih enak dan tidak perlu pusing dengan instalasi rumit seperti mengganti speaker, menambahkan subwoofer dan komponen audio lainnya.

Karena di dalam prosesor itu sudah ada mixer, inputnya, equalizer juga sudah ada, dengan begitu pasti akan meningkatkan kualitas suara audio standar jadi bagus. Apalagi sekarang sudah bisa plug and play. Bagaimana sudah tahukan perangkat sistem audio high performance yang cocok dengan mobil Anda?

Baca Juga  Ekspor Mobil dari Indonesia Mulai Tumbuh di September 2022

Oleh: Redaksi Momobil.id

Foto: iStock

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”