Media Inspirasi Masa Kini

Tips Modifikasi Daihatsu Terios Tampil Gagah Bergaya Ala ALTO atau Rally Look

harianlampung.co.id

Bagi pemilik Daihatsu Terios generasi terakhir yang ingin tampil lebih personal dengan tampilan maskulin dan sangar, modifikasi gaya (All-Terrain Off-road) ALTO atau rally look bisa dijadikan rujukan. Kedua gaya modifikasi tersebut sangat mudah diterapkan pada SUV yang menjadi saudara kembar Toyota Rush ini. Namun bukan asal tampil jangkung atau sangar, kedua gaya modifikasi tersebut juga memiliki trik tersendiri agar tampil optimal. Fokus gaya modifikasi ALTO dan rally look terletak pada bagian kaki-kaki, pelek dan beberapa aksesori penunjang. Simak tips modifikasi Daihatsu Terios yang Cintamobil hadirkan untuk Anda berikut ini.

Velg & ban

Pilihan velg gaya rally look atau ALTO untuk Daihatsu Terios cukup banyak tersedia, yang penting cocok dengan PCD bawaan Daihatsu Terios, yakni 5×114,3 mm. Untuk rally look, bisa menggunakan velg ukuran 15 hingga 17 inci dengan lebar antara 6,5 hingga 7,5 inci. Mereknya pun beragam mulai dari Enkei, Compomotive hingga OZ Racing. Umumnya, velg rally look identik dengan warna putih, tapi juga tak haram untuk pakai warna lainnya seperti abu-abu dan bronze.

Baca Juga  Honda Step WGN Pernah Mampir Di Indonesia, Bakal Jadi Rival Toyota Voxy?

Bullbar dan roof rack juga bisa dipertimbangkan untu diaplikasi pada Daihatsu Terios dengan gaya ALTO

Sementara untuk gaya ALTO, bisa menggunakanvelg kaleng atau milik SUV lainnya yang ukurannya lebih besar. Intinya, kalau ukuran PCD-nya sama, tinggal mencocokkan lubang hub roda pada pelek. “Kalau PCD-nya cocok, bisa langsung dipakai,” yakin Yanto, dari gerai Graha Mobilindo, Kalimalang, Jakarta Timur. Contohnya seperti Honda New CR-V, bisa juga Suzuki Grand Vitara, Toyota Fortuner, Chevrolet Captiva, Nisan X-Trail hingga Ford Escape.

Body sticker dengan finishing matte atau doff membuat tampilan Daihatsu Terios tampil lebih sangar

Sementara bannya bisa menggunakan ban tapak kasar seperti ban tipe All-Terrain atau A/T untuk ALTO atau ban pacul khas rally. profilnya bisa menggunakan 235/70 R16 atau 245/65R 17. “Fender all new Rush dan Terios gede kok, jadi enggak masalah pakai ban gambot,” ujar Ferdi dari gerai Multi Jaya Ban di Jatiwaringin, Jakarta Timur.

Kaki-kaki

Stiker desain camo juga bisa diaplikasi untuk gaya ALTO atau rally look

Baca Juga  Besok, Suzuki Ertiga Hybrid Meluncur Kembali ke Indonesia

Untuk mendapatkan tampilan kekar, suspensi standar Daihatsu Terios generasi terakhir ini sudah lebih cukup. “Kebetulan Daihatsu Terios suspensinya sudah tinggi, cukup kok kalau untuk bergaya rally look atau ALTO harian,” tambah Yanto. Namun jika dirasa kurang, bisa mengadopsi lift kit custom dengan menggunakan per dari mobil lain. Ukuran pernya sangat bervariasi tergantung keinginan. Opsi lainnya bisa ditempuh dengan mengganjal per. “Namun kurang rekomendasi karena bikin enggak nyaman,” tambah Ferdi.

Aksesori pendukung

1. Lampu tembak

Aplikasi lampu tambahan atau bisa dikenal dengan lampu tembak sudah menjadi identitas bagi yang ingin gaya rally look atau ALTO. Pilihannya cukup banyak mulai dari branded seperti Hella atau PIAA. Atau bisa juga dengan menggunakan lampu tambahan universal. Pemasangannya bisa di bumper atau gril. “Kalau Alto bisa membuatkan terlebih dahulu bull bar simpel untuk dudukan lampu tambahan,” sahut Yanto.

2. Mudflap atau Kepet

Di habitat aslinya, sebagian besar mobil rally ini berkompetisi diatas tanah alias gravel. Jadi kepet atau mudflap ini berguna untuk menahan cipratan lumpur yang mental dari ban. Tapi untuk mobil yang memiliki aliran modifikasi rally look, kepet atau karet spakbor ini berguna untuk memperkuat karakter mobil rally.

Baca Juga  Hore, Sekarang Beli Mobil Baru Bisa Pilih Nopol Sendiri

3. Over fender

Umumnya biasa ditemui pada mobil bergaya ALTO yang sudah menggunakan ban gambot dan untuk membuat tampilan lebih gagah. Over fender yang bisa terpasang bisa dengan ditempel atau degan menggunakan baut atau bolt-on. Pemasangannya pun cukup mudah pada fender all-new Rush dan Terios.

4. Sticker

Fungsinya cukup penting untuk mendapatkan nuansa rally look semakin kental. Desainnya bervariasi, mulai dari OEM look hingga rally style atau livery mobil reli. Inspirasinya bisa dilihat tampilan mobil reli dan sesuaikan dengan selera Anda.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”