Media Inspirasi Masa Kini

5 Cara Cek Kondisi Kesehatan Mesin Diesel Mobil Bekas

harianlampung.co.id

BMW Indonesia bahkan sempat menjual sedan kompak mereka bermesin diesel yakni 320D F30 di 2013

Punya torsi besar dan hemat BBM merupakan daya tarik tersendiri bagi mobil bekas bermesin diesel. Apalagi berbagai jenis mobil bermesin diesel telah tersedia di pasar mobil tanah air, mulai model SUV, MPV, bahkan hingga Sedan! Namun, mengecek kesehatan mesin diesel pada mobil bekas butuh trik tersendiri. Nah, kali ini tim teknik Cintamobil.com akan membeberkan cara untuk mengetahui kondisi kesehatan mesin diesel mobil mobil bekas, berikut ini tipsnya:

Video mengenai Toyota Kijang LGX Diesel yang kini kembali jadi barang incaran di pasar mobil bekas

1. Cek Air

Saat mesin menyala dan gas (throttle) ditekan, pastikan tidak ada air radiator muncrat

Pengecekan air ini dapat dilakukan dengan cara membuka tutup radiator dan pada dua kondisi berbeda. Pertama saat kondisi mesin mati, pastikan air di dalam radiator penuh serta tidak keruh. Kedua adalah saat mesin hidup, perhatikan air radiatornya, jika air radiator muncrat keluar saat mobil di gas, berarti ada kemungkinan packing cylinder head pecah.

Baca Juga  Kapan Waktu Tepat untuk Menyalip Bus AKAP di Jalan Tol?

2. Cek Oli

Untuk mobil bekas bermesin diesel yang usianya sudah cukup uzur ada baiknnya pemeriksaan dilakukan lebih intensif

Hal kedua yang dapat dilakukan untuk mengecek kesehatan mesin diesel di mobil bekas adalah pengecekan oli. Bedanya, ini dapat dilakukan sebelum mesin mobil hidup. Pastikan takaran oli di dipstick oli pas, tidak kurang dan tidak lebih. Jika oli berkurang ada kemungkinan oli ikut terbakar, sedangkan jika volume oli bertambah maka disinyalir terjadi kebocoran pada injection pump, sehingga solar ikut masuk ke oli.

3. Cek Filter Udara

Buka boks filter udara, nyalakan mesin dan pastikan tidak ada bunyi di bagian tersebut

Ketiga Anda harus mengecek boks filter udara di mesin diesel mobil bekas incaran Anda, tujuannya adalah untuk mengecek kepincangan mesin. Saat kondisi mesin menyala, pastikan tidak ada suara aneh dari boks filter udara ini. Jika katup inlet atau klep in bocor, maka di filter udara akan bunyi pok..pok…pok… Sedangkan jika katup outlet atau klep ex bocor biasanya akan berbunyi di dekat filter udara ini.

Baca Juga  Honda Supra Ini Harga Bekasnya Masih Mahal, Tahun Muda Tembus Rp 17 Jutaan

4. Cek Asap Di Tempat Pengisian Oli & Dipstick Oli

Saat mesin menyala buka lubang pengisian oli serta angkat dipstick oli dan pastikan tidak keluar asap

Saat mesin diesel mobil bekas incaran Anda dalam keadaan menyala, pastikan tidak ada keluar asap pada tempat pengisian oli maupun dipstick olinya. Jika keluar asap dari dua lubang tersebut, lebih baik tinggalkan mobil tersebut atau siapkan dana perbaikan yang lumayan banyak. Sebab asap yang keluar dari tempat pengisian oli maupun dipstick oli tersebut merupakan tanda bahwa ada kompresi yang berbalik, alias ada tekanan balik kompresi ke karter oli.

Baca Juga  Hankook Tire Perpanjang Kemitraan dengan DTM Hingga 2023

5.Cek Kepincangan Mesin

Mobil bekas bermesin diesel memang lebih bergetar dari bensin saat stasioner, tapi bukan berati bergetar hebat

Terakhir yang Anda dapat lakukan untuk mengecek kondisi kesehatan mesin diesel mobil bekas adalah mengecek kepincangan mesin. Mesin diesel memang menghasilkan vibrasi lebih besar dari bensin, tapi bukan berarti mesin diesel bergetar hebat saat idle. Ada cara sederhana, yakni letakkan gelas berisi air tepat diatas mesin diesel yang sedang menyala. Pastikan tidak terlalu bergetar hebat. Karena air dalam gelas ini berfungsi sebagai waterpas.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”