Media Inspirasi Masa Kini

Berapa Sih Kecepatan Mobil di Jalan Tol yang Aman dan Nyaman?

harianlampung.co.id

Bagi sebagian pengemudi, jalan tol adalah kesempatan yang tepat untuk memacu kendaraan mereka. Tak jarang pula jalan tol jadi “sirkuit” dadakan yang digunakan demi melesat secepat-cepatnya. Hati-hati lho, karena sebenarnya ada batas kecepatan mobil di jalan tol yang aman dan nyaman. Jika tidak dilakukan, risiko kecelakan siap mengintai.

Selalu Jaga Jarak

Pedoman jaga jarak dengan kendaraan di depan

Kalau lantas Anda bertanya berapa sih sebenarnya kecepatan mobil di jalan tol yang aman? Apakah mengemudi dengan kecepatan lambat adalah tepat? Ternyata tidak juga. Mengemudi yang aman, baik di jalan tol atau bukan haruslah memperhatikan jarak dengan kendaraan di depannya.

Baca Juga  Aston Martin Siapkan DBX707 Untuk Lawan Cayenne Turbo GT dan Bentayga S

Beri batas jarak dua detik antara mobil Anda dengan kendaraan di depan. Berpatokanlah pada sebuah objek di pinggir jalan. Misalnya pohon atau rambu lalu lintas. Setelah mobil di depan melintasi rambu tersebut, maka Anda harus sampai di rambu tadi minimal dalam 2 detik berikutnya.

Jika jarak 2 detik ini dihitung dengan asumsi kecepatan mobil 80 km/jam, maka kira-kira Anda harus menjaga jarak minimal 40 meter dengan kendaraan di depan. Tujuannya jika kendaraan di depan mengalami masalah atau rem mendadak, Anda masih bisa menghidar.

Baca Juga  Resmi Diperkenalkan, Cek Harga New Honda Vario 125 di Yogyakarta, Kedu, dan Banyumas

Kecepatan Stabil

Kecepatan stabil di jalan tol baik untuk pengemudi dan kendaraan

Sementara perihal batas kecepatan mobil di jalan tol yang nyaman sebaiknya mengikuti peraturan jalan raya di Indonesia. Yakni minimal 60 km/jam dan maksimal 80 km/jam untuk tol dalam kota serta 100 km/jam untuk jalan tol luar kota.

Demi keamanan dan kenyamanan, Anda bisa ambil kecepatan batas tengahnya, yaitu antara 70 km/jam hingga 80 km/jam. Lakukan perjalanan dengan konstan akan membuat berkendara tidak cepat lelah.

Baca Juga  Mitsubishi Gelar Banyak Promo Menarik Sepanjang Maret 2022

Selain itu, bagi mesin kendaraan sendiri, jika batas kecepatan mobil di jalan tol dilakukan dengan kecepatan konstan, maka putaran mesin tidak terlalu tinggi. Akibatnya sura mesin tidak meraung keras, dan konsumsi bahan bakar juga menjadi lebih efisien.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”