Media Inspirasi Masa Kini

Tertarik Membeli Mobil? Berikut Tips Menghitung Simulasi Kredit Mobil Bekas

harianlampung.co.id

Karena harganya yang tidak murah bagi sebagian orang, membeli mobil dengan cara kredit menjadi pilihan. Mulai dari mobil baru hingga mobil bekas bisa Anda beli dengan cara kredit. Tetapi masih banyak yang tidak mengerti tentang sistem pembayaran mobil kredit. Tertarik? Mari kita hitung simulasi kredit mobil bekas untuk mempermudah mengatur keuangan nantinya.

1. Menghitung uang muka

Pembelian mobil secara kredit biasanya terbagi menjadi uang muka (disebut juga DP atau Down Payment) dan pembayaran setiap bulan. Jika sebelumnya uang muka mobil bekas mulai dari 30%, namun saat ini beberapa lembaga penyedia layanan kredit bisa menawarkan uang muka yang lebih rendah. Tapi dalam simulasi kredit mobil bekas, besar dan kecilnya uang muka mempengaruhi jumlah cicilan Anda per bulan.

Perhatikan uang muka yang harus dibayarkan untuk membeli mobil

Untuk kredit mobil bekas, perhitungan uang muka cukup mudah. Seperti biasa, Anda tinggal menghitung besaran uang muka dengan harga mobil. Jika uang muka yang disepakati 30%, maka untuk mobil dengan harga Rp150 juta Anda harus membayar DP sebesar Rp45 juta. Sisa plafon kredit yang harus dibayarkan berarti Rp105 juta yang akan dibayar sesuai jangka waktu kredit.

Baca Juga  Mazda Jadi Official Car Kompetisi Marathon International di Bali

2. Menghitung Bunga

Salah satu hal yang membuat membeli mobil dengan kredit lebih mahal dibandingkan secara tunai adalah besaran bunga yang dibayarkan selama cicilan berlangsung. Keputusan untuk memilih lembaga pembiayaan pun sebagian besar berdasarkan suku bunga yang ditawarkan. Suku bunga flat tidak akan berubah selama waktu kredit. Namun untuk suku bunga efektif, angsuran per bulan akan lebih kecil.

Beberapa penyedia layanan kredit memiliki bunga yang berbeda-beda

Beberapa lembaga pembayaran pun memiliki bunga yang berbeda-beda. Tetapi biasanya, semakin lama pembiayaan berlangsung, maka bunga yang diberikan pun akan semakin tinggi. Contohnya ketika plafon mobil bekas Rp105 juta yang tersisa digabungkan dengan bunga 4% per tahun, maka Anda akan membayar total Rp4,2 juta untuk bunga per tahun, atau Rp350 ribu per bulan.

Baca Juga  Merawat Mobil Tua Perlu Perhatian Khusus, Apa Saja?

3. Menghitung angsuran per bulan

Angsuran per bulan sangat dipengaruhi oleh uang muka dan bunga yang diberikan. Semakin besar Anda membayar uang muka, maka angsuran per bulan akan berkurang. Sebaliknya, pembayaran dengan uang muka rendah berakibat angsuran per bulan akan lebih besar. Hal ini juga berlaku pada kredit mobil baru.

Setelah itu, Anda bisa melihat angsuran yang harus dibayarkan setiap bulan

Pembayaran angsuran bisa didapatkan dengan membagi plafon pinjaman dengan tenor, atau berapa lama masa kredit Anda dan ditambahkan dengan bunga. Misalnya untuk plafon Rp105 juta dan angsuran 60 bulan (5 tahun), maka Anda membayar Rp1,75 juta. Namun Anda perlu menambahkan dengan bunga per bulan. Totalnya, Anda perlu menyisihkan Rp2,05 juta untuk membayar angsurannya.

BCA Finance di Cintamobil.com

Setiap lembaga pembiayaan memiliki perhitungan masing-masing. Tapi selalu perhatikan berbagai perbedaan seperti bunga dan tenor yang diberikan untuk memilih layanan kredit. Anda juga bisa melakukan simulasi kredit mobil bekas langsung dari BCA Finance langsung di halaman mobil yang Anda inginkan di Cintamobil.com.

Baca Juga  Inilah 10 Mobil Paling Dicari Di Cintamobil.com, Nomor 3 Di Luar Dugaan

Simulasi kredit mobil bekas dari BCA Finance

Ketika Anda mencari mobil bekas, perhatikan pada bagian kanan bawah untuk menemukan “Simulasi Kredit BCA”. Hanya dengan menekan “Kalkulasi”, maka sistem akan secara otomatis menghitung berapa jumlah angsuran per bulan berdasarkan harga mobil yang Anda inginkan. Anda juga bisa memilih uang muka, jenis asuransi, serta tenor angsuran yang Anda inginkan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”