Media Inspirasi Masa Kini

Perawatan Mobil Innova Diesel, Jangan Telat Ganti Komponen Ini

harianlampung.co.id

Toyota Kijang Innova merupakan tipe mobil yang cukup banyak dicari. Baik untuk kondisi mobil barunya, maupun mobil bekas. Dan tipe Innova yang populer adalah Innova bermesin diesel yang lebih populer dibandingkan model bermesin bensin.

Toyota Kijang Innova diesel banyak diminati karena memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Selain itu mesin dieselnya juga terbilang bertenaga, dan cukup “badak”. Tidak perlu perawatan khusus saat memiliki mobil bermesin diesel tersebut.

Namun untuk perawatan mobil Innova diesel, sebaiknya harus memperhatikan dua komponen penting. Karena dua komponen ini berpengaruh besar pada kesehatan dan kinerja mesin mobil tersebut. Kedua komponen tersebut adalah filter solar dan filter oli.

1. Filter Solar

Komponen ini amat penting untuk diperhatikan sebagai perawatan mobil Innova diesel. Hal tersebut karena sejatinya untuk Innova produksi terbaru sudah menggunakan teknologi mesin diesel common-rail. Mesin tipe ini membutuhkan bahan bakar dengan cetane number tinggi.

Umumnya, di Indonesia terdapat tiga tipe bahan bakar diesel. Pertama Bio Solar dengan cetane number 48. Lalu ada Pertamina Dexlite dengan cetane number 51. Dan yang paling tinggi ada Pertamina DEX dengan cetane number 53. Tentu sebaiknya Innova diberi bahan bakar Pertamina Dex. Namun masalahnya, ada beberapa daerah di Indonesia yang cuma tersedia Bio Solar.

Baca Juga  Kondisi Like New, Yuk Intip Harga Wuling Almaz Bekas

Lakukan rutin penggantian filter solar

Pada kondisi seperti itu, tentunya akan berpengaruh pada filter bahan bakar. Kalau mobil selalu diisi Pertamina Dex atau bahan bakar solar lain dengan cetane number tinggi, maka filter solar bisa diganti sampai maksimal tiap 10.000 km.

Tetapi kalau hanya “menenggak” Bio Solar, maka filter bahan bakar wajib diganti per 5.000 km. karena jika tidak, kandungan sulfur akan menumpuk di filter dan mempengaruhi kinerja mesin tersebut akibat jelaga dan kotoran yang terlalu banyak.

Mengganti filter solar di rumah

Namun Anda tidak harus pergi ke bengkel untuk mengganti filer solar. Pasalnya penggantian bisa dilakukan di rumah dengan mengganti filter yang bisa Anda beli di bengkel, toko aksesoris atau banyak ditemukan pada marketplace online di Indonesia. Harganya pun beragam, dimulai dari Rp 25.000 hingga Rp 100.000 tergantung merek.

Tak perlu ke bengkel, ternyata ganti filter solar bisa dilakukan di rumah

Untuk caranya pun tidak terlalu sulit. Berikut beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga  Kredit Kendaraan Bermotor DP 0% Resmi Diperbolehkan

Ikuti langkah di atas dengan seksama dan berurutan agar penggantian berlangsung pas dan tepat. Tapi jika Anda merasa penggantian tersebut terlalu rumit, jangan ragu untuk datang ke bengkel dan meminta teknisi untuk mengganti filter solar Kijang Innova Anda.

2. Filter Oli

Selain jenis bahan bakar dan filter bahan bakar, dalam perawatan mobil Innova diesel juga wajib memperhatikan filter oli. Kalau pemilik Innova menggunakan oli jenis mineral, maka penggantian oli bisa sampai 10.000 km. Namun kalau memakai oli full synthetic, penggantian oli sudah perlu dilakukan setiap 5.000-6.000 km.

Sebagai bagian perawatan mobil Innova diesel, pemakaian oli ini juga disarankan yang berkualitas. Karena ada beberapa oli dengan beragam kekentalan yang tersedia di pasar. Salah-salah, mesin akan bekerja semakin berat.

“Pakai oli yang bagus biar mesinnya sehat terus,” kata Rahmat, mekanik bengkel mobil diesel di bilangan Jakarta Timur. Selain itu, ada baiknya saat penggantian oli juga dilakukan penggantian filter oli. “Kalau pakai oli merek biasa, tiap ganti oli sebaiknya ganti filternya juga. Tapi kalau pakai oli yang bagus, boleh tiap dua kali ganti oli, satu kali ganti filter,” pesan Rahmat.

Baca Juga  Debut Manis Kia Carens di GIIAS 2022, Jadi Produk Terlaris Bersama Sonet

Perawatan mobil Innova diesel termasuk mengganti filter oli ketika mengganti oli

Filter oli akan memastikan tidak ada debu atau kotoran yang masuk ke dalam mesin, sehingga bisa menimbulkan kerusakan pada komponen mesin lainnya. Untuk itu, mengganti filter oli sama pentingnya dengan mengganti oli untuk kesehatan mesin Kijang Innova Anda.

Untuk perawatan mobil Innova diesel yang lebih praktis, Anda juga bisa mengganti filter oli sendiri di rumah. Harga untuk satu unit filter oli pun tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan komponen mesin lainnya. Bisa ditemukan di bengkel mapun marketplace, harga filter oli berada pada kisaran Rp 35 ribu hingga Rp 80 ribuan. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan satu paket oli lengkap dengan filter oli dengan banderol mulai dari Rp 500 ribuan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”