Media Inspirasi Masa Kini

Jangan Tertipu, 5 Hal yang Patut Diwaspadai Saat Membeli Mobil Bekas Murah

harianlampung.co.id

Siapa yang tak tertarik melihat harga mobil bekas murah? Tapi jangan langsung tertipu dengan harga mobil yang lebih murah dibandingkan biasanya. Mengingat beberapa oknum seringkali memanfaatkan keinginan konsumen membeli mobil bekas dengan harga yang sangat terjangkau tanpa memperhatikan kondisi mobil. Agar tidak tertipu ketika melihat harga mobil bekas murah yang menggiurkan, perhatikan beberapa hal berikut

1. Memperhatikan jenis dan model mobil

Ketika membeli mobil, perhatikan dulu jenis maupun model yang ingin Anda beli. Bukan hanya spesifikasi, tetapi harga mobil barunya. Perhatikan apakah mobil tersebut bagian dari mobil Low Cost Green Car yang memiliki harga beli yang relatif lebih murah dibandingkan mobil biasa, atau mobil premium.

Mobil premium dengan mobil LCGC jelas memiliki harga yang jauh berbeda

Harga beli mobil bekas tentu saja bergantung pada harga mobil barunya, tahun mobil, hingga kondisi mobil. Meskipun memiliki model yang hampir sama, tetapi ada perbedaan yang besar dari merek premium dibandingkan model biasa. Sebagai contoh mobil LCGC seperti Toyota Agya atau Daihatsu Ayla memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan Hyundai i10.

Baca Juga  Hindari Tsunami, Mobil Bukan Tempat Aman Untuk Berlindung

2. Membeli tanpa mengecek kondisi mobil

Beberapa kasus penipuan mobil bekas murah seringkali terjadi karena konsumen yang langsung membayar tanpa melihat kondisi mobil yang dijual. Jangan langsung tergiur dengan promo bombastis yang diberikan menggunakan harga yang sangat miring.

Pastikan mengecek kondisi mobil langsung ketika membeli secara online

Ketika membeli mobil, pastikan untuk selalu mengecek kondisi fisik mobil yang dijual. Selalu berhati-hati ketika menemukan mobil yang dijual lebih murah dibandingkan harga pasaran. Periksa eksterior, rangka dan kaki-kaki, interior hingga sistem kelistrikan mobil. Caranya dengan mengecek apakah semua fitur mobil masih bekerja dengan sempurna.

3. Apakah mobil bekas banjir?

Jangan tertipu dengan iklan mobil bekas murah yang Anda temui di internet. Bisa saja mobil yang dijual merupakan bekas terendam banjit. Membeli mobil bekas banjir memiliki kekurangannya tersendiri. Beberapa komponen butuh perhatian ekstra sehingga pengeluaran pun bertambah. Ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan.

Baca Juga  Brio Terlaris, Honda Catat Penjualan Tertinggi pada September 2022

Seringkali mobil bekas banjir terlihat dari karat di luar mobil

Waspada terhadap bagian interior dengan satu sisi yang lebih gelap. Anda juga bisa mengecek bagian bawah dengan memperhatikan karat atau bukti pengelupasan logam. Mobil di bawah 8 tahun yang sudah mendapatkan karakter mengindikasikan mobil tersebut kurang mendapatkan perawatan yang layak.

4. Sejarah perawatan

Ketika dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan semestinya, selain memperhatikan kondisi mobil, lihat juga sejarah perawatan berkala mobil. Agar lebih tepat, cek kondisi mesin serta komponen lainnya ke bengkel. Jika tidak, pastikan untuk membawa mobil berkeliling dan melakukan uji jalan.

Perhatikan sejarah perawatan mobil sebelum membeli

5. Mobil over kredit

Salah satu hal yang membuat harga jual mobil murah adalah kendaraan yang dijual karena over kredit. Tak jarang, penjual membanderol mobil mereka dengan harga yang sangat murah untuk menarik minat pembeli. Karena sebagian pengguna menjual mobil mereka karena tidak membayar kredit sebelum mobil diambil alih oleh pihak leasing atau bank.

Baca Juga  Harga Mobil Hyundai Getz Bekas

Bukannya tak dianjurkan, tetapi lebih teliti ketika take over mobil kredit

Meskipun begitu, tak ada salahnya membeli mobil bekas over kredit, asal dengan cara yang tepat. Proses yang disebut dengan take over kredit ini berarti Anda akan mengambil alih sisa hutang kredit dari pihak penjual, sehingga tak perlu lagi membayar angsuran. Tapi hindari melakukan take over langsung dengan penjual. Lakukan take over kredit melalui bank atau leasing. Jangan lupa lengkapi administrasi agar terhindar dari pelanggaran hukum.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”