Media Inspirasi Masa Kini
News  

32 Migran Ditangkap di Maroko Saat Coba Berlayar ke Spanyol

harianlampung.co.id – Polisi Maroko pada Jumat (28/10) menangkap 32 migran ketika mereka mencoba berlayar ke Spanyol. Dari 32 migran itu, enam di antaranya orang Maroko dan 26 dari negara-negara Afrika di selatan.

Dilansir dari AFP, Sabtu (29/10/2022), Dinas Keamanan DGSN menyebut kelompok itu berencana berangkat dari pantai selatan kerajaan, yang terletak sekitar 100 kilometer (60 mil) dari Kepulauan Canary Spanyol.

Baca Juga  Jangan Buru-Buru Resign Dulu, Jika Belum Mantap Buka Usaha

Polisi Maroko telah menangkap puluhan migran serta beberapa penyelundup manusia sejak Juni, ketika sekitar 2 ribu sebagian besar warga negara Sudan mencoba memasuki daerah Melilla, Spanyol.

Sedikitnya 23 orang tewas dalam upaya tersebut, korban terburuk dalam beberapa tahun percobaan penyeberangan semacam itu, dan kelompok-kelompok hak asasi manusia menuduh pihak berwenang Spanyol dan Maroko menggunakan kekuatan berlebihan.

Daerah Melilla dan Ceuta, Spanyol, telah lama menjadi magnet bagi orang-orang yang melarikan diri dari kekerasan dan kemiskinan di seluruh Afrika dengan harapan menemukan kehidupan yang lebih baik di Eropa.

Baca Juga  Sidang Perdana Kasus Brigadir J di PN Jaksel, Massa Teriak Hukum Mati Ferdy Sambo

Spanyol mencatat setidaknya 11.500 migran pergi ke Kepulauan Canary tahun ini. Caminando Fronteras, sebuah kelompok Spanyol yang membantu kapal migran dalam kesulitan di laut dan keluarga mencari kerabat yang hilang, mengatakan 978 orang telah tewas ketika mencoba mencapai Spanyol sejauh tahun ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga  UPDATE 22 Oktober 2022: Capaian Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua 73,20 Persen, Ketiga 27,60 Persen