Media Inspirasi Masa Kini

CintamobilTV: Komparasi KIA Picanto GT Line VS Chevrolet Spark Premier 2019

harianlampung.co.id

PT Kreta Indo Artha selaku perusahaan patungan Indomobil Sukses Internasional, resmi mengakuisisi Kia Motors di Indonesia. Menyusul penunjukan resmi ini, PT Kreta Indo Artha akan bertanggung jawab atas seluruh penjualan dan layanan purna jual, termasuk jaminan atas semua kendaraan Kia baik kendaraan penumpang dan kendaraan komersial ringan. Sebagai langkah awal, Kia perkenalkan All New Picanto.

Berbanding terbalik dengan Kia, kabar tidak mengenakan datang dari Chevrolet. GM selaku induk dari Chevy beberapa waktu lalu telah memutuskan bahwa Chevrolet akan hengkang dari Indonesia. Sebagai langkah penutup Chevrolet Indonesia menggelar program ‘Chevrolet Cuci Gudang’ yang sudah dimulai pada hari Jumat, 1 November 2019. City Car Chevrolet Spark yang sebelumnya dibanderol Rp 200,5 juta kini dijual Rp 160,5 juta atau diskon sebesar Rp 40 juta.

Lalu bagaimana dengan komparasi kedua small hatchback ini dengan harga yang seharusnya “hampir sama ini”? Cintamobil TV mencoba membandingkannya untuk Anda.

1. Eksterior

Meskipun keduanya sama-sama mengandalkan desain eksterior sporty, KIA Picanto GT 2019 Line bisa dibilang lebih menarik karena aksen-aksen dan diffuser yang dihadirkan membuat hatchback ini tampil seperti layaknya hot hatchback. Selain itu KIA Picanto GT Line memiliki tampilan yang lebih sporty dengan desain yang dibuat untuk anak muda dengan beberapa sentuhan yang nyentrik misalnya garis warna merah di beberapa bagian di depan, samping dan belakang. Sedangkan Chevrolet Spark Premier 2019 tampilannya lebih minimalis, kalem dan tidak terlalu menonjolkan unsur sporty.

Baca Juga  Lampu Indikator Menyala? Segera Periksa Kesehatan Mobil

Perbandingan eksterior KIA Picanto GT Line dan Chevrolet Spark

Pada bagian lampu depan, KIA Picanto GT Line 2019 lebih unggul berkat teknologi LED yang digunakan, lengkap dengan kehadiran DRL dan lampu kabut. Sedangkan Chevrolet Spark Premier 2019 tak dilengkapi lampu kabut. Velg yang digunakan pada KIA Picanto GT Line pun terlihat lebih menarik dengan paduan warna dual-tone dibandingkan milik Chevrolet Spark Premier 2019.

2. Interior

Chevrolet Spark Premier 2019 menawarkan tampilan interior yang cukup baik. Terlihat eksklusif dengan fitur Apple Car Play bersama panel aksen piano black pada head unit yang terintegrasi dengan dashboard menggunakan material plastik. Sementara itu KIA Picanto GT Line tampilan desain interiornya juga tak kalah menarik. Bisa dikatakan KIA Picanto GT Line memiliki desain interior terbaik di kelasnya small hatchback. Interior KIA Picanto GT Line memiliki lapisan plastik yang lembut dan menawan. Salah satu yang paling menarik ada di bagian arm rest di bagian door trim sudah dibekali dengan soft touch dan aksen piano black dengan garis merah membuat KIA Picanto GT Line memiliki kesan layaknya mobil Eropa.

Interior dan dashboard KIA Picanto GT Line 2019

Pada KIA Picanto GT Line 2019, joknya juga sudah dibekali material kulit, sementara Chevrolet Spark Premier 2019 masih menggunakan bahan fabric. Untuk ruang kepala (headroom) dan kaki (legroom) keduanya menawarkan ruang cukup lapang yang tidak begitu jauh berbeda.

Baca Juga  Hati-Hati, Ada 9 Hal Yang Menjadi Musuh Cat Mobil

3. Fitur

Untuk segmen small hatchback dengan kisaran harga di bawah Rp250 jutaan, fitur KIA Picanto GT Line 2019 lebih menarik dibandingkan pesaingnya Chevrolet Spark Premier 2019. Beberapa diantaranya yaitu fitur Apple CarPlay dan Android Auto yang terdapat pada head unit serta tampil mewah dengan electric sunroof. Lalu setirnya yang berdesain 3 spoke sudah berbalut kulit, telah dilengkapi juga dengan Audio Remote Control & Voice Recognition di bagian kiri, sementara sisi kanannya terdapat tombol pengaturan MID. Sementara itu Chevrolet Spark Premier 2019 sudah dibekali dengan integrasi Apple CarPlay dan penyematan fitur Stabilitrak Electronic Stability Control.

Beberapa fitur keselamatan dalam dashboard Chevrolet Spark 2019

Fitur keselamatan dan keamanan kedua hatchback ini tak ketinggalan lengkapnya. KIA Picanto GT Line sudah dilengkapi kamera mundur dengan Dynamic Parking Guidelines, Anti-lock Brake System. Lalu untuk penumpang depan sudah terdapat dual airbag dan 3 point ELR seatbelt. Sementara untuk penumpang belakang terdapat 3 point ELR di sisi samping, dan 2 point ELR di tengah jok.

Sedangkan Chevrolet Spark Premier 2019 untuk varian tunggal, fitur keamanannya dibekali dengan dual airbag di bagian depan, Hill Start Assist dan High-strength steel safety cage.

Baca Juga  Jaguar I-PACE Hadir Penuhi Pasar Mobil Listrik Premium

4. Mesin

KIA Picanto GT Line menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.2 liter DOHC dual CVVT MPI. Jantung pacu ini mampu menyemburkan 84 daya kuda pada 6.000 rpm serta torsi maksimal 121,6 Nm pada 4.000 rpm yang meneruskan dayanya ke roda depan melalui transmisi otomatis 4-speed/manual 5-percepatan.

Perbandingan mesin KIA Picanto GT Line dan Chevrolet Spark

Sedangkan Chevrolet Spark Premier 2019 dibekali dengan mesin 4-silinder 1.4L Ecotec. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga 95 daya kuda pada 6.200 rpm serta torsi maksimal 124 Nm pada 4.400 rpm disalurkan ke roda depan melalui transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) bersama auxiliary gearbox.

5. Harga

Kepergian Chevrolet Indonesia membuat Spark saat ini mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan KIA Picanto GT Line melalui program diskon cuci gudang sebanyak Rp 40 juta dari harga asli Chevrolet Spark Premier 2019 Rp 200,5 juta. Sedangkan harga KIA Picanto GT Line saat ini dibanderol Rp 232,5 juta.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”