Media Inspirasi Masa Kini

9 Wisata Pantai Indah di Sukabumi yang Jadi Favorit Wisatawan

harianlampung.co.id – Kabupaten Sukabumi menjadi salah satu tujuan wisatawan terutama bagi yang ingin menikmati wisata bahari. Tak heran, Sukabumi memang dikenal memiliki beberapa wisata pantai yang indah karena termasuk wilayah pesisir Samudera Hindia.

Salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Pelabuhan Ratu. Namun selain itu, masih banyak pantai lain yang tak kalah indah yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga, sahabat maupun pasangan. Berikut 9 wisata pantai indah di Sukabumi yang sudah Popbela rangkum untuk kamu.

1. Pantai Pelabuhanratu

Pantai Pelabuhanratu menjadi salah satu pantai yang paling terkenal dari Sukabumi. Pantai ini terletak di kawasan pesisir pantai di selatan Kabupaten Sukabumi. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan panorama alam yang indah, mulai pemandangan bukit, hutan cagar alam dan batu karang.

Di sini, kamu dapat menggunakan fasilitas yang ada seperti tempat makan dan area parkir yang luas. Kamu juga dapat menyusuri pantai sambil menaiki kuda yang akan membuat liburanmu makin berkesan. Pantai Pelabuhanratu tak hanya dikenal oleh wisatawan lokal, namun juga sampai ke wisatawan mancanegara untuk melakukan olahraga berselancar. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat.

2. Pantai Amandaratu

Pantai Amandaratu dijuluki sebagai Tanah Lot Bali di Sukabumi. Hal tersebut dikarenakan adanya pulau kecil yang terletak di lepas pantai. Selain itu, pantai Amandaratu memiliki pemandangan yang indah dan eksotis yang bisa kamu nikmati dari gezebo yang tersedia di tepi pantai.

Baca Juga  Psikolog ungkap cara kelola stres yang baik

Wisatawan tak dikenakan biaya masuk, jadi kamu cukup membayar biaya parkir kendaraan saja. Berjarak sekitar 8,5 kilometer dari pusat Ujung Genteng, pantai Amandaratu berlokasi di Jalan Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Ciracap, Sukabumi.

3. Pantai Cibangban

Berjarak 10 kilometer dari pantai Pelabuhanratu, pantai Cibangban cocok untuk kamu yang ingin ke pantai dengan suasana yang lebih sepi. Pantai Cibangban memiliki pasir pantai berwarna putih yang lembut. Ombaknya juga relatif kecil dan tenang sehingga aman untuk anak-anak bermain air. Pantai Cibangban terletak di daerah Cimaja, Kecamatan Cikaka, Sukabumi.

4. Pantai Cimaja

Pantai indah di Sukabumi yang juga kerap dijadikan lokasi kompetisi surfing adalah pantai Cimaja. Ombaknya cukup besar, dengan ketinggian 3-4 meter khas pesisir pantai selatan dengan air yang jernih dan biru, menjaring peminat para peselancar dari berbagai daerah dan negara.

Di sepanjang pesisir pantai, kamu akan menjumpai batu-batu kali berukuran kecil yang menarik untuk dijadikan spot foto. Di sini juga tersedia warung makan dan toko suvenir. Pantai Cimaja terletak di daerah Cimaja, Sukabumi.

5. Pantai Cipanarikan

Pantai Cipanarikan merupakan pantai tempat bertemunya sungai dan air laut. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang halus. Kamu bisa bermain air, berenang ataupun berjemur sambil menunggu waktu sunset.

Baca Juga  Jual Beli Barang Preloved Juga Mewujudkan Gaya Hidup Sustainable

Jika kamu ingin ke sini, lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua. Karena jalan menuju lokasi cukup berlubang, berlumpur serta agak sempit sehingga kendaraan roda empat tidak dapat melaluinya. Pantai Cipanarikan terletak di Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Sukabumi.

6. Pantai Ujung Genteng

Beberapa tahun terakhir, Pantai Ujung Genteng menjadi salah satu pantai yang banyak dikunjungi dan juga menjadi favorit wisatawan setelah Pantai Pelabuhanratu. Pantai ini terletak di daerah yang cukup terpencil. Namun, pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp10.000 untuk memasuki area pantai.

Di sini kamu bisa melakukan banyak hal seperti foto-foto, berenang, berjemur, bahkan berselancar. Pantai Ujung Genteng terletak di Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Sukabumi.

7. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu memiliki ciri khas bebatuan karang yang menjorok ke laut. Salah satu dari bebatuan tersebut ada yang berbentuk seperti tungku, yang mana dalam bahasa Sunda disebut hawu. Itulah yang menjadi inspirasi nama pantai ini.

Untuk masuk ke area pantai, kamu cukup merogok kocek sebesar Rp2,500 saja perorangnya. Di sini kamu dapat menikmati keindahan alam yang eksotis, serta menjadi spot favorit untuk menikmati senja. Pantai Karang Hawu berlokasi di Desa caringin, Kecamatan Cisolok, Sukabumi.

Baca Juga  Benarkah Daging Ayam Merupakan Sumber Protein Terbaik?

8. Pantai Pangumbahan

Selain Pantai Cimaja, Pantai Pangumbahan juga menjadi salah satu spot favorit untuk berselancar. Ombaknya memiliki ketinggian hingga 3 meter, sehingga cocok sebagai tempat latihan selancar. Selain untuk berselancar, Pantai Pangumbahan juga merupakan pusat konservasi penyu.

Pantai Pangumbahan berlokasi di kawasan Ujung Genteng, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Sukabumi.

9. Pantai Citepus

Pantai Citepus banyak dikunjungi oleh wisatawan karena aksesnya yang mudah dijangkau. Berlokasi di pinggir Jalan Raya Cisolok-Pelabuhanratu, Pantai Citepus masih berada dalam jajaran pantai di Pelabuhanratu. Di sini kamu dapat melakukan banyak aktivitas seperti berenang, memancing dan berlayar dengan menyewa perahu nelayan.

Namun, karena ombak yang cukup besar, terdapat beberapa batasan ketentuan bagi pengunjung yang ingin berenang. Selain itu, kamu juga dapat menikmati momen panorama matahari terbenam.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website popbela.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”