Media Inspirasi Masa Kini

Komparasi Mazda 3 Hatchback vs Honda Civic Hatchback Turbo: Persaingan Medium Hatchback Terbaik dari Jepang

harianlampung.co.id

Bisa dikatakan kelas medium hatchback medium di Indonesia tergolong sepi pemain. Harga mobil barunya yang kebanyakan di atas Rp400 jutaan, membuat segmen ini secara langsung bersaing dengan segmen SUV yang lebih sering dilirik konsumen mobil Tanah Air.

Tapi bukan berarti tak ada persaingan di kelas medium hatchback. Makin banyaknya pengguna mobil yang menginginkan mobil kompak dengan pengendaraan yang asyik (fun to drive), membuat segmen ini tetap diisi oleh beberapa merek. Contohnya adalah Mazda dan Honda.

Manakah medium hatchback terbaik di antara Honda Civic Hatchback Turbo (kiri) dan Mazda 3 Hatchback (kanan)?

Di segmen ini, Mazda mengusung Mazda 3 Hatchback, sedangkan untuk Honda memiliki Honda Civic Hatchback Turbo. Jadi siapa yang lebih layak dipilih di antara kedua medium hatchback ini?

Harga

Honda Civic Hatchback Turbo (kiri) dan Mazda 3 Hatchback (kanan) sama-sama di banderol di kisaran Rp400 jutaan untuk kondisi baru

Mazda 3 Hatchback hanya tersedia dalam satu tipe saja untuk pasar Indonesia. Mobil ini tersedia di diler resmi Mazda dengan harga on-the-road Rp497,8 juta. Harga sudah termasuk garansi 3 tahun / 100 ribu km, serta didukung program MYMAZDA SERVICE 3 tahun/60 ribu km untuk free service termasuk jasa dan spare part, serta Advance ERA (Emergency Road Assistance) dan MOC Exclusive Access.

Di sisi lain, Honda Civic Hatchback Turbo dijual di dealer resmi Honda dengan banderol on-the-road Rp428,6 juta (tipe S) dan Rp469 juta (tipe E). Setiap pembelian Honda Civic Hatchback Turbo sudah dilengkapi garansi 3 tahun/100 ribu km, serta parts warranty 12 bulan/20 ribu km.

Untuk Civic, karena mobil ini diluncurkan sejak tahun 2017, di beberapa dealer mobil bekas mobil ini sudah tersedia dengan harga yang cukup menarik. Seperti di diler Focus Motor yang berlokasi di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara. Mereka menyediakan unit mobil bekas Honda Civic Hatchback Turbo tipe E tahun 2018 dengan harga Rp380 jutaan saja.

Sekilas Pandang

Tampilan fisik Mazda 3 Hatchback

Mazda 3 Hatchback mengedepankan konsep desain KODO yang mengalami evolusi “Single Motion”, sekilas membuat bentuk Mazda 3 terbaru menjadi lebih dinamis dan dramatis. Identitas khas Mazda hadir dalam bentuk grille depan dengan aksen honeycomb dan sisi panel grille dibalut aksen black. Seluruh pencahayaan headlight dan taillight menggunakan LED. Velg menggunakan velg gray metallic aluminium wheels 18 inci berlapis ban 215/45 R18. Dan di buritan belakang diberikan aksen rear spoiler berkelir gloss black seperti pada bumper bawah yang menjadi tempat plat nopol dan dual tailpipe.

Baca Juga  Pemprov DKI Gandeng XL Bikin Alat Pendeteksi Pelat Nomor Kendaraan

Tampilan interior Mazda 3 Hatchback

Masuk ke dalam interior terasa unsur premium nan minimalis, serta dirancang lebih mengedepankan pendekatan humanis pada pengemudi melalui konsep Human-centric design. Seluruh kabin dibalut material Leather memadukan unsur warna hitam dan merah. Uniknya pada jok pengemudi tersedia pengaturan jok elektrik 10-way dan tersedia penyimpanan memori preset

Tampilan fisik Honda Civic Hatchback Turbo

Untuk Honda Civic Hatchback Turbo tampil dengan desain yang lebih agresif. Mobil ini menawarkan garis bodi yang tajam, mulai dari titik grille depan yang mengusung solid wing face, sampai ke area belakang dengan rear spoiler dan tailgate spoiler. Mobil ini menggunakan sistem pencahayaan LED untuk lampu depan dan belakang, serta menggunakan velg 17 inci alloy wheels.

Tampilan interior Honda Civic Hatchback Turbo

Di dalam kabin Civic Hatchback Turbo hadir membawa nuansa single-tone melalui aksen hitam dan balutan leather, mulai di area dashboard hingga ke bagian jok. Hanya jok dari sisi pengemudi saja yang memiliki pengaturan jok elektrik 6-way, selebihnya jok diatur secara manual.

Komparasi

Mazda 3 Hatchback

Honda Civic Hatchback Turbo

Sekilas Pandang Eksterior

Dimensi

4.460mm x 1.765mm x 1.435mm

4.501mm x 2.075mm x 1.421mm

Wheelbase

2,725mm

2.700mm

Velg

18 inch gray metallic aluminium wheels

17 inci alloy wheels

Ban

215/45 R18

215/50 R17

Lampu Depan

Lampu Belakang

Sekilas Pandang Interior

Setir

Jok

Instrument Cluster

Fitur-fitur

Tampilan fitur hiburan Mazda 3 Hatchback

Mazda 3 Hatchback memiliki fitur menarik berupa sistem infotainment terintegrasi yang disebut sebagai MZD Connect. Sistem ini ditampilkan pada layar 8.8 inci wide TFT color display, dan bisa dikendalikan melalui Command Centre. Kecanggihan MZD Connect pada mobil ini selain bisa mengatur beragam fitur teknis mobil, kini juga didukung Smartphone Integration sehingga bisa menjalankan sistem Apple CarPlay dan Android Auto.

Untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang di dalam kabin, Mazda menyematkan fitur seperti Electric Sunroof dan Dual Zone Front Auto Climatic Control. Sedangkan untuk keamanan dan keselamatan selama berkendara, mobil ini sudah memiliki Airbags (Dual front, Curtain & side, dan Knee Airbag di sisi pengemudi), seatbelt 3 titik beserta seatbelt reminder untuk semua jok, dan sistem auto door lock untuk pintu mobil.

Tampilan fitur hiburan Honda Civic Hatchback Turbo

Sedangkan Honda Civic Hatchback Turbo lebih mengaplikasikan sistem audio Advanced 7.0 Touchscreen Display Audio dengan kemampuan Smartphone Connection, Bluetooth, dan kemampuan memutar berbagai file hiburan berjenis audio maupun video. Menariknya adalah Honda Civic Hatchback Turbo turut menyematkan sistem Smart Key yang memiliki fitur Remote Engine Start memungkinkan mesin dan sistem Auto A/C bisa menyala melalui satu tombol di remote kunci mobil.

Baca Juga  Bakal Jadi Mobil Langka, Segini Harga BMW M5 Edition 35 Years di Indonesia

Selain fitur tersebut, Honda Civic Hatchback Turbo juga sudah dibekali sistem keselamatan pasif yang lengkap, seperti Dual Front i-SRS Airbags, Side Airbags, Side Curtain Airbags, Seatbelt Reminder, Seatbelt Pretensioner dengan Load Limiter, dan masih banyak lagi.

Komparasi

Mazda 3 Hatchback

Honda Civic Hatchback Turbo

Fitur Hiburan

Sistem Hiburan

Speaker

8 Speaker

8 Speaker

Fitur Kenyamanan

AC

Sunroof

Ya

Tidak

Smart Key

Tidak

Smart Key w/ Remote Engine Start

Fitur Keselamatan & Keamanan

Seatbelt

Airbag

ISOFIX

Ya

Ya

Door Lock

Fitur Lainnya

Performa & Fitur Berkendara

Tampilan mesin Mazda 3 Hatchback

Dalam hal performa, Mazda 3 Hatchback setia menggunakan mesin naturally-aspirated Skyactiv-G 2.0 liter 4-silinder. Dari mesin ini lahir tenaga 153 hp pada putaran mesin 6.000 rpm, serta torsi puncak 200 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Semua tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi SKYACTIV-DRIVE 6-percepatan otomatis.

Secara karakter mobil, Mazda 3 Hatchback menjanjikan pengalaman berkendara lebih dinamis karena dukungan teknologi canggih, seperti G-Vectoring Control Plus (GVC Plus) yang siap meningkatkan stabilitas dan pengendalian saat mobil bermanuver, serta adanya Sport Mode yang siap mempercepat respon mesin. Selain itu adanya ekosistem keselamatan aktif i-ACTIVSENSE juga turut mendukung kinerja mobil agar tetap aman saat dikemudikan di jalanan.

Tampilan mesin Honda Civic Hatchback Turbo

Beralih ke Honda Civic Hatchback Turbo. Mobil ini dibekali mesin 1.5 liter 4-silinder VTEC Turbo DOHC 16 valve dan didukung Drive By Wire serta sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Direct Injection). Tenaga yang dihasilkan pun tergolong besar dengan torehan tenaga maksimum 171 hp di 5.500 rpm, serta torsi maksimum 220 Nm sejak 1.700 rpm sampai 5.500rpm. Sistem penggerak yang digunakan mobil ini adalah front-wheel drive dengan dukungan transmisi CVT with Earth Dreams Technology.

Honda menyematkan beragam teknologi pendukung kedinamisan dan keselamatan berkendara aktif. Mulai dari ECON Mode dan ECO Assist, Vehicle Stability Assist, Brake Override System, Hill Start Assist, hingga Emergency Stop Signal.

Komparasi

Mazda 3 Hatchback

Honda Civic Hatchback Turbo

Mesin

Mesin

SKYACTIV-G 2.0 In-line 4 cylinder DOHC 16 valve

Baca Juga  Toyota Keluarkan Jurus Baru After Sales Sambut Lebaran 2022

1.5L 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Valve, DBW, PGM-FI

Transmisi

SKYACTIV-DRIVE 6-percepatan otomatis

CVT with Earth Dreams Technology

Tenaga

153 hp @ 6.000 rpm

171 hp @ 5.500 rpm

Torsi

200 Nm @ 4.000 rpm

220 Nm @ 1.700 – 5.500rpm

Suspensi & Fitur

Rem

Ventilated Disc / Solid Disc

Ventilated Disc / Disc

Rem Parkir

Electric Parking Brake (EPB) with auto hold

Electric Parking Brake with Auto Hold Brake

Suspensi

MacPherson Strut/Torsion beam axle

MacPherson Strut / Multi-Link

Setir

Fitur Berkendara

Kesimpulan

Dari sisi fitur, bisa dikatakan Mazda 3 Hatchback menjadi salah satu medium hatchback yang lebih “niat” memasukkan fitur-fitur yang sepantasnya hadir di sebuah mobil seharga Rp400 jutaan. Beberapa fitur pun saat kami list, bisa dilihat lebih banyak disematkan pada Mazda 3 Hatchback ketimbang Honda Civic Hatchback Turbo.

Kalau soal tampilan, ini lebih ke selera. Mazda 3 Hatchback memilih pendekatan desain yang lebih anggun dan dramatis, sekilas lebih condong bergaya mobil Eropa masa kini. Beda dengan Honda Civic Hatchback Turbo yang benar-benar ingin mencitrakan karakter sporty dan agresif, layaknya desain-desain sport car asal Jepang. Hal serupa terasa di kabin, dimana Mazda 3 Hatchback terasa jauh lebih humanis dibandingkan Honda Civic Hatchback Turbo yang lebih konvensional.

Baru saat membicarakan sisi performa, Honda Civic Hatchback Turbo berada di atas angin karena dukungan teknologi turbocharger yang siap memberikan asupan tenaga lebih, meski memiliki mesin berukuran mungil. Sekalipun lebih powerful, Honda tetap memasukkan rangkaian fitur di dalam mobil agar bisa efisien dalam hal konsumsi BBM. Dan terkait karakter berkendara pun lebih mengejar kenyamanan sehingga cenderung mudah dan lebih nyaman dikemudikan.

Beda lagi dengan Mazda 3 Hatchback yang seakan diciptakan untuk kesenangan berkendara. Sekalipun mesin terasa kalah secara performa, tapi mesin naturally-aspirated SKYACTIV-G dengan rangkaian teknologi berkendara dan transmisi SKYACTIV-DRIVE dirancang agar memastikan pengemudi lebih tersenyum bahagia saat mengendalikan mobil ini. Bahkan secara karakter berkendara, mobil ini lebih mengarah ke karakter handling sigap nan presisi. Sekalipun untuk hal kenyamanan berkendara sedikit ditolerir demi meraih sisi fun to drive.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”