Media Inspirasi Masa Kini

Sistem Keamanan Mobil Listrik: Amankah Mobil Listrik Ketika Menghadang Banjir?

harianlampung.co.id

Tegangan listrik memang sangat berbahaya, terlebih ketika bertemu dengan air. Karena itu, banyak konsumen yang masih skeptic tentang daya tahan mobil listrik ketika mengaruhi jalanan yang basah hingga tergenang air. Tapi jangan takut, sistem keamanan mobil listrik dalam menghadang banjir sudah dipikirkan oleh produsen sebelumnya.

Apakah mobil listrik akan berpengaruh buruk ketika melewati banjir atau genangan air?

Menentukan perlindungan komponen listrik biasanya melalui IP (International Protection). Peringkat IP yang tercatat IP65 – angka pertama “6” menunjukkan perlindungan terhadap komponen kering (seperti debu atau pasir) dan angka kedua mengacu pada air. IP65 berarti sebuah item mampu menahan debu yang masuk dan terlindung dari semburan air bertekanan rendah dari segala arah.

Baca Juga  Mengenal Fungsi Karpet Mobil, Bukan Sekedar Buat Pemanis Kabin

Komponen listrik pada mobil listrik, khususnya yang berada di bagian tegangan tinggi pada motor, pengontrol kecepatan dan baterai, mendapatkan peringkat IP66. Entri 6 mengindikasikan bahwa mobil “terlindungi dari semburan air yang kuat”. Sekadar informasi, entri 8 merupakan yang tertinggi dan biasanya menjadi patokan untuk kapal selam!

Selain itu, pada sebagian besar motor listrik, pengontrol kecepatan, dan baterai sebenarnya terdiri dari komponen air yang didinginkan untuk memastikan umur yang panjang dengan mempertahankan suhu yang merata setiap saat. Karena itu, peringkat kemasukan air IP untuk komponen diatas adalah 8.

Baca Juga  5 Channel Youtube Otomotif 2017 Indonesia

Komponen kelistrikan pada mobil listrik sudah mendapatkan pengamanan tingkat tinggi

Jadi, ketika mobil listrik tergenang di jalanan atau bahkan tercebur ke sungai ketika banjir, komponen kelistrikannya tersegel dengan baik. Dan dengan keamanannya, sangat kecil kemungkinan motor listrik membahayakan penghuninya, maupun lingkungan sekitar.

Lalu, bagaimana jika mobil listrik rusak dan bagian listrik bertegangan tinggi terekspos? Dalam hal ini, serangkaian sistem keselamatan dan perlindungan akan berfungsi. Jika terjadi kecelakaan, pemutusan otomatis aliran listrik bertegangan tinggi akan terjadi melalui sensor tumbukan, sehingga membatasi keberadaan tegangan tinggi hanya di dalam baterai.

Baca Juga  Maucash Turut Ramaikan FinExpo 2022, Bangun Pemahaman Masyarakat Tentang Fintech Lending

Kesimpulannya, semua mobil listrik dirancang untuk memenuhi standar internasional tentang masuknya air dan harus aman dalam situasi banjir. Sistem keamanan mobil listrik juga menawarkan berbagai sistem keselamatan yang dirancang untuk meminimalisir kemungkinan korsleting listrik atau potensi sengatan listrik ketika terjadi kecelakaan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”