Media Inspirasi Masa Kini

Berikut Estimasi Biaya Pengecekan & Perbaikan Mobil Terendam Banjir

harianlampung.co.id

Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan beberapa kota sekitarnya di awal tahun 2020, membuat banjir di beberapa wilayah. Akibatnya, banyak mobil terendam banjir dan berpotensi mengalami kerusakan. Jika Anda mengalami kejadian tersebut, jangan panik dan jika kondisi sudah memungkinkan lekas lakukan evakuasi mobil Anda ke tempat yang aman agar terhindar dari kerusakan yang lebih besar.

Jika kondisi sudah memungkinkan, segera evakuasi mobil Anda ke tempat yang lebih aman

Namun hal yang kerap menghantui pemilik mobil adalah biaya yang perlu dikeluarkan untuk memperbaiki mobil terendam banjir. Namun sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perbaikan, Cintamobil.com akan memberikan estimasi seputar estimasi biaya pengecekan & perbaikan mobil yang terendam banjir berikut ini.

Baca Juga  TIPS BELI MOBIL BEKAS: Cari SUV Premium? Simak Tips Membeli Mercedes-Benz M-Class Bekas

Pengecekan utama paska terendam banjir umumnya dibagi dari tiga sektor, pertama adalah sektor mesin dan transmisi, kedua suspensi dan ketiga adalah interior. Pada sektor mesin dan transmisi, estimasi pengecekan bervariasi mulai sekitar Rp 600 hingga 2 jutaan di beberapa bengkel resmi dan umum. “Kita lihat kerusakannya dan lakukan perbaikan ringan jika diperlukan,” sahut Raihan dari bengel PF Motorsport di kawasan Pondok Gede, Bekasi. Namun jika ada kerusakan lebih serius, sangat mungkin terjadi akan membutuhkan biaya lebih besar. Sebagai contoh untuk jasa turun mesin, membutuhkan dana sekitar Rp 3 hingga 5 jutaan. Harga tersebut belum termasuk biaya penggantian komponen jika terjadi kerusakan.

Baca Juga  Tidak Hanya Kendaraan Ditarik, Ini Risiko Lebih Besar Kredit Macet

Mesin, komponen elektrikal dan transmisi menjadi sektor yang butuh biaya perbaikan paling mahal

Sementara untuk bagian suspensi dan bagian kolong mobil terendam banjir, pengecekan dan jasa perbaikan ringan membutuhkan dana mulai dari Rp 300 hingga 1 jutaan. Jika ada kerusakan tentunya perkiraan biaya akan melonjak. “Siapin aja dana sekitar Rp 5 hingga 7 juta untuk kemungkinan terburuk dan membutuhkan rekondisi di bagian kaki-kaki,” ujar Karman dari gerai Pesona Ban, di bilangan Jatiwaringin, Jakarta Timur.

Membersihkan interior paska banjir membutuhkan trik khusus agar tak menggangu kerja komponen lainnya

Sementara untuk interior, jasa membersihkannya mencapai Rp 1,1 hingga 1,6 juta tergantung jenis mobilnya. “Namun kita hanya terima untuk mobil yang terendam tak sampai dasboard. Karena jika dasboard kena, kita sarankan ke bengkel resmi karena ada komponen elektrikal,” ujar Aretho dari workshop Shinestly Car Detailing di bilangan Pamulang Baru, Tangerang selatan. Dalam jasa tersebut sudah termasuk meembongkar dan bersihkan karpet serta lantai, pasang peredam dan recovery bagian jok dan door trim.

Baca Juga  5 Hal yang perlu Diperhatikan untuk Menghindari Membeli Mobil Bekas Banjir

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”