Media Inspirasi Masa Kini

Tanpa Apple Watch, Mungkin Nyawa Petani Ini Tak Akan Terselamatkan

harianlampung.co.id – NESABAMEDIA.COM – Untuk yang kesekian kalinya, Apple Watch bantu selamatkan nyawa manusia. Fitur deteksi jatuh yang dimilikinya bekerja secara otomatis setelah pemakainya, seorang petani berusia 92 tahun, jatuh dari ketinggian 21 kaki.

Kejadiannya berlangsung di Grant, sebuah wilayah di Nebraska yang merupakan negara bagian Amerika Serikat.

Jim Salsman, nama petani tersebut, sedang menaiki tangga untuk mengamankan tong gandum dari burung merpati. Di saat itulah tiba-tiba angin bertiup lebih kencang yang menyebabkan tangga terdorong hingga ia pun terjatuh ke tanah.

Tidak ada orang lain di lokasi kejadian. Salsman sempat mencoba untuk mendekati mobil truk miliknya tapi tidak sanggup. Akhirnya ia berusaha meminta bantuan melalui Siri.

Baca Juga  Iklan di One UI Samsung Bikin Pengguna Marah

“Hei Siri, Jim Salsman, terluka parah di ladang,” kata Salsman.

Salsman tidak sadar bahwa fitur pendeteksi jatuh pada Apple Watch yang dipakainya sudah bekerja dengan sendirinya sejak ia terjatuh dan mengirim SOS ke departemen pemadam kebakaran setempat.

SOS tersebut ditanggapi dengan cepat. Tak lama kemudian, pihak penolong sampai di lokasi Salsman yang dilacak melalui GPS, dan segera membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Fitur pendeteksi jatuh dalam bahasa Indonesia

Menurut Salsman, fitur pendeteksi jatuh yang tertanam di dalam Apple Watch adalah penyelamat hidupnya.

Baca Juga  Riot Akan Rilis Skin Bundle Ion 2.0, Calon Laku Keras?

“Kalau saya tidak punya jam tangan ini, saya pikir mungkin saya sudah mati sebelum siapa pun merasa kehilangan saya,” tutur Salsman.

Sejak Apple Watch Series 4, fitur pendeteksi jatuh sudah terpasang di jam tangan pintar produksi Apple tersebut, dan sudah aktif secara default untuk pengguna yang berusia 65 tahun dan selebihnya.

Untuk pengguna yang berumur di bawah 65 tahun, fitur tersebut perlu diaktifkan secara manual jika ingin menggunakannya.

Fitur pendeteksi jatuh tidak akan langsung menghubungi layanan darurat setelah pengguna jatuh, melainkan meminta konfirmasi terlebih dulu mengenai kondisi pengguna. Jika pengguna tidak merespon dalam waktu 1 menit, maka Apple Watch akan melakukan panggilan darurat.

Baca Juga  Pembaruan Android 11 Beta 1.5: Cara Update dan Keunggulannya

Apabila pengguna sudah melengkapi informasi kontak darurat, maka Apple Watch juga akan mengirim pesan teks dan peta yang menunjukkan lokasi kejadian kepada pihak yang tercantum di dalam informasi tersebut. [az/tn]

EDITOR: MUCHAMMAD ZAKARIA

    ”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website nesabamedia.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”