Media Inspirasi Masa Kini

Knalpot Mobil Diesel Keluar Asap Putih? Cek Bagian Ini

harianlampung.co.id

Populasi mobil diesel saat ini sudah semakin banyak. Tenaga mesin yang lebih besar namun diimbangi efisiensi dalam pemakaian bahan bakar, membuat banyak yang jatuh cinta dengan mobil diesel.

Namun ada beberapa pemilik mobil diesel yang mengeluhkan tentang kekurangan dari mesin diesel. Diantaranya getaran mesin yang jauh lebih terasa dibanding mobil berbahan bakar bensin. Selain itu sering kali knalpot mengeluarkan asap yang berlebihan.

Jika Anda satu dari sekian banyak pemilik mobil diesel dan mengalami kondisi dari knalpot keluar asap putih dalam jumlah banyak, sebaiknya mulai periksa mesin mobil Anda. Karena dikhawatirkan ada beberapa kerusakan pada mesin tersebut.

1. Saringan Udara Kotor

Saringan udara yang kotor akan mengganggu proses pembakaran di ruang mesin

Baca Juga  Mogok Di Tol Trans-Jawa? Tenang, Catat Daftar Nomor Telepon Mobil Derek Berikut Ini

Jika pada knalpot mobil diesel keluar asap putih dalam jumlah banyak, coba cek bagian saringan udara. Jika saringan kotor akan membuat udara yang masuk ke ruang pembakaran juga udara yang tercampur kotoran. Akibatnya proses pembakaran tidak berlangsung sempurna dan menyebabkan asap putih keluar dari knalpot mobil.

2. Oli Bocor

Kalau seal klep bocor atau rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengecek kondisi ruang mesin. Perhatikan apakah ada kemungkinan oli merembes dari sela-sela mesin. Jika ya, maka bisa jadi hal tersebut akibat adanya kebocoran oli akibat seal klep mesin yang rusak atau aus. Untuk memperbaikinya, buka bagian atas mesin dan cek kondisi seal klep. Jika memang benar karena seal klep rusak, maka sebaiknya ganti dengan yang baru.

Baca Juga  Dua Layanan Auto2000 Bikin Tenang Gunakan Mobil Toyota Setelah Mudik

3. Turbo Rusak

Turbo yang rusak akan keluar oli ke ruang mesin

Apabila kondisi mesin kering dan seal klep masih bagus, maka coba cek bagian turbo. Untuk mobil-mobil diesel berturbo, jika turbo mengalami kerusakan maka oli akan masuk ke ruang mesin. Seperti diketahui, turbo memang membutuhkan oli untuk melumasi komponennya. Apabila ada kerusakan atau bocor pada komponen ini, maka oli akan masuk ke ruang mesin dan ikut dalam proses pembakaran. Akibatnya akan keluar asap putih dari knalpotnya.

4. ECU Rusak

ECU yang rusak maka timing pembakaran di ruang mesin juga jadi tidak akurat

Baca Juga  Mudahnya Membersihkan Doortrim Mobil, Cukup Pakai Alat Ini

Kepulan asap putih dalam batas tidak wajar juga bisa karena kerusakan pada bagian ECU (Electronic Control Unit). ECU mobil yang rusak atau sudah tidak akurat lagi, maka tak mampu membuat pengaturan sistem pembakaran pada ruang mesin yang sempurna. Sehingga pasokan bahan bakar tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Selain asap knalpot jadi putih, konsumsi bahan bakar juga biasanya menjadi lebih boros.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”