Media Inspirasi Masa Kini

Sudah Ganti Aki Baru Tapi Mobil Tidak Mau Menyala, Kenapa Ya?

harianlampung.co.id

Jika mobil tak bisa dinyalakan atau distater, mungkin beberapa dari kita beranggapan sudah waktunya untuk ganti aki baru. Namun demikian, terkadang mobil tetap saja tak mau menyala meski aki sudah diganti, dan prosedur penggantiannya sudah benar.

Jika mobil tak bisa distarter meski sudah ganti aki baru, mungkin beberapa masalah di bawah ini bisa jadi pemicunya:

1. Aki belum di charge

Biasanya, aki basah belum menyimpan cukup arus dan tegangan listrik untuk memutar stater motor

Biasanya, aki baru belum menyimpan cukup arus dan tegangan listrik untuk digunakan sebagai memutar stater motor dan menyalakan mesin mobil. Biasanya, hal ini terjadi pada aki basah yang belum bersifat MF (Maintenance Free). Namun, jika aki yang dibeli adalah aki kering yang bersifat MF namun mobil belum bisa menyala, bisa jadi hal di bawah jadi penyebab utamanya.

Baca Juga  TIPS BELI MOBIL BEKAS: Toyota Limo Generasi Ke 2, Si Bekas Taksi Yang Tidak Kalah Aksi

2. Kualitas aki buruk

Anda juga mesti memperhatikan kualitas Aki yang dibeli, sebisa mungkin hindari aki rekondisi

Hal kedua yang bisa dijadikan penyebab adalah kualitas aki baru yang Anda beli sangat buruk. Bisa jadi, aki yang Anda beli sebagai pengganti aki lama adalah aki rekondisi, yakni aki bekas yang diperbaiki kondisinya sehingga tampak seperti baru.

Biasanya, kualitas aki rekondisi cenderung tidak jelas karena merupakan aki tak layak pakai yang diperbaiki kualitasnya. Oleh karena itu, saat mau ganti aku baru, pastikan keaslian aki mobil yang dibeli. Anda dapat melihatnya dari boks, segel, serta kondisi bodi aki yang bisa dilihat sendiri saat pembelian. Selain itu, pastikan jaminan dan garansi diberikan oleh penjual aki.

3. Masalah kelistrikan sistem starter

Bukan hanya aki, komponen lain juga berperan dalam sistem starter mobil

Jika aki yang dibeli berkualitas bagus, namun mobil tak bisa distarter, bisa jadi ada kerusakan pada sistem kelistrikan pada starter mobil Anda. Hal ini disebabkan banyak komponen penyusun sistem starter mobil seperti aki, kabel-kabel starter, sekring, relay, hingga motor starternya.

Baca Juga  McLaren 720S, Mobil Super Fast & Furious dengan Body Serat Karbon

Masing-masing komponen bisa saja bermasalah saat Anda ganti aki baru untuk mobil Anda. Mulai dari bagian dalam terminal kepala aki tertutup kerak hingga koneksi terputus, sekring stater putus, relay starter rusak, atau mungkin masalah pada motor starter.

4. Alarm mobil buat mobil tak bisa distarter

Sistem alarm mobil dapat memutus aliran listrik ke sistem stater mobil

Penyebab terakhir mobil tak bisa distarter meski sudah ganti aki baru adalah alarm mobil yang mencegah mobil bisa distarter. Pada sebagian mobil, ada fungsi untuk memutus arus ke sistem stater hingga mobil tak dapat distater.

Biasanya, hal ini terjadi apabila ada prosedur pengaktifan alarm yang terlewat semisal saat membuka pintu diperlukan menekan tombol open di remote alarm. Namun karena aki mati, langkah tersebut tak dilakukan. Anda bisa coba ulangi lagi langkah pengaktifkan dan penonaktifan alarm mobil dengan benar agar sistem alarm tidak memutus aliran listrik ke sistem starter mobil.

Baca Juga  Hindari Empat Kebiasaan yang Membuat Konsumsi Motor Matik Jadi Lebih Boros

Dengan mengetahui empat hal di atas, Anda sudah tahu bagaimana mencari solusi dari mobil tak bisa distarter meski sudah ganti aki baru. Jika Anda ingin membeli aki mobil baru, dapatkan melalui link di bawah ini:

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”