Media Inspirasi Masa Kini

Tips Ampuh Atasi Kaca Mobil yang Berembun

harianlampung.co.id – Kehadiran embun pada kaca mobil tentu dapat mengganggu visibilitas pengendara. Ketika tingkat ketebalan embun sampai mengurangi visibilitas, maka hal ini sangat berbahaya bagi pengemudi. Munculnya embun dikarenakan suhu udara di luar lebih dingin dibanding di kabin. Untuk menghilangkan embun di kaca mobil, pengemudi harus menyetarakan suhu luar dengan suhu kabin. Selain itu, ada berbagai cara untuk mengatasi kaca mobil berembun. Berikut tips dan cara mencegah kaca mobil berembun.

Hidupkan AC

Salah satu cara untuk menyesuaikan suhu kabin dan suhu luar adalah dengan menyalakan AC. AC sendiri memiliki fungsi untuk mendinginkan kabin. Ketika suhu luar dingin, nyalakan AC dan atur suhunya pada posisi rendah. Jika ingin lebih cepat menghilangkan embun, atur arah hembusan AC ke kaca mobil yang berembun agar kaca jernih kembali.

Baca Juga  Wujud Tesla Cybertruck Produksi Massal, Pakai Setir ala Model S Plaid

Aktifkan Defogger

Fitur Defogger sangat berguna untuk menghilangkan embun. Dengan adanya defogger, visibilitas pengemudi saat melihat ke belakang akan lebih jelas. Defogger sendiri terdapat pada bagian belakang mobil, dan berupa garis kawat tipis sebagai kondensator panas. Garis kawat tersebut bisa horizontal maupun vertikal. Untuk mengaktifkan defogger, pengemudi dapat menekan tombol dengan gambar tiga panah pada dashboard mobil.

Gunakan Shampoo atau Cairan Anti Kabut

Penggunaan shampoo dan cairan anti kabut dapat menjadi salah satu cara menghilangkan embun. Shampoo mengandung unsur pH yang dapat mengeringkan uap air. pH pada shampoo dapat membantu untuk mengeringkan embun, caranya adalah dengan mengolesi shampoo pada bagian kaca yang berembun. Selanjutnya dilap dengan gerakan searah agar kaca tidak buram. Cara lainnya adalah menggunakan cairan anti kabut. Pengemudi cukup menyemprotkan cairan anti kabut pada bagian dalam mobil, lalu lap menggunakan kain lembut dengan gerakan searah beberapa kali.

Baca Juga  Penting! Lakukan 5 Hal ini Saat Serah Terima Mobil Baru

Buka Kaca Mobil

Salah satu solusi ketika AC sedang bermasalah adalah dengan membuka kaca mobil. Tujuannya adalah agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik, dan udara dingin masuk ke dalam kabin. Jika terjadi hujan deras, pengemudi cukup membuka kaca mobil sedikit agar ada pertukaran antara suhu panas di dalam kabin dengan suhu dingin di luar.

Baca Juga  Alasan Mobil Modern Mudah Rusak, Ternyata untuk Pengemudi dan Pejalan Kaki

Pencegahan Kaca Mobil Berembun

Untuk mencegah kaca mobil berembun, hindari parkir mobil di tempat yang lembap. Selain itu, pastikan tidak menyimpan benda yang lembap di dalam mobil seperti payung basah yang dipakai sehabis hujan. Pemilik mobil juga bisa menaruh silica atau produk dengan zat yang dapat menyerap uap air.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”