Media Inspirasi Masa Kini

Perhatikan Empat Tanda Kampas Rem Harus Diganti

harianlampung.co.id

Rem merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan. Karena dengan perangkat inilah, laju kendaraan bisa dihentikan agar tidak terjadi kecelakaan. Untuk itulah, penting selalu menjaga kinerja pada seluruh sistem pengereman.

Satu dari beberapa komponen dalam sebuah sistem pengereman adalah kampas rem. Karena menjadi komponen yang langsung bersentuhan dengan perputaran roda, kampas rem memiliki usia pakai yang relatif lebih cepat habis dibanding komponen pengereman lainnya. Sehingga komponen ini masuk dalam komponen fast moving.

Lalu apa yang menjadi tanda kampas rem harus diganti? Berikut ada empat faktor diantaranya:

1. Rem Mulai Tidak Pakem

Waspada saat mobil terus melaju perlahan walau pedal rem telah diinjak

Baca Juga  Life Hack: Membersihkan Interior Mobil dengan Cara Sederhana

Saat mobil melaju kemudian di rem, mobil terasa masih tetap berjalan walau kecepatannya sudah cukup berkurang. Kalau kejadian ini berlangsung, maka bisa jadi kampas rem telah menipis sehingga daya cengkramnya pun berkurang. Akibatnya laju mobil tidak langsung berhenti walau pedal rem sudah diinjak penuh.

2. Injak Pedal Rem Semakin Dalam

Perhatikan pula kedalaman injakan pedal rem

Tanda kampas rem sudah waktunya harus diganti juga bisa dirasakan dari pedal rem. Jika kaki harus menginjak pedal rem terlalu dalam untuk bisa menghentikan laju mobil, maka itu berarti kinerja rem sudah waktunya diperiksa. Segeralah untuk lakukan servis komponen rem pada mobil Anda.

Baca Juga  Ops! Siapa Bilang Mobil Bekas Itu Rongsokan?

3. Minyak Rem Berkurang

Selalu cek kondisi dan volume minyak rem sebelum berpergian

Ciri-ciri sistem pengereman mobil bermasalah juga bisa diperhatikan dari volume minyak rem. Jika volume minyak rem sering turun dari batas normal, maka itu berarti ada kerusakan pada sistem rem mobil tersebut. Jadi sebaiknya rutin mengecek volume minyak rem ya…

4. Ganti Secara Rutin

Ganti kampas rem secara rutin dengan memperhatikan odometer

Mengganti kampas rem juga tak harus menunggu komponen itu menipis atau bahkan rusak. Penggantian komponen ini sebaiknya dilakukan secara rutin ketika mobil sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Untuk mobil transmisi manual, sebaiknya ganti kampas rem tiap 60.000 – 70.000 kilometer. Sementara untuk mobil matik tiap 35.000 – 40.000 kilometer.

Baca Juga  Paket Modifikasi Suzuki Jimny Black Bison Edition dari Wald, Hapus Wajah Aslinya

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”