Media Inspirasi Masa Kini

Siap Dijual di Indonesia, Xiaomi Redmi 9 dan 9A Sukses Kantongi Izin TKDN Pemerintah RI

harianlampung.co.id – NESABAMEDIA.COM – Xiaomi, salah satu perusahaan produsen ponsel pintar ternama asal Tiongkok kian menggencarkan pemasaran produk mereka di tanah air. Lewat pengumuman pada awal bulan ini (Juni 2020), ponsel yang kali ini akan dipasarkan adalah Xiaomi Redmi 9 dan Xiaomi Redmi 9A.

Xiaomi Redmi 9 merupakan suksesor dari Xiaomi Redmi 8 yang diluncurkan pada tahun 2019. Spesfikasi umum ponsel ini ialah layar 6,53 inci dengan pemasangan prosesor chip MediaTek Helio G80 serta baterai besar berkapasitas 5020 mAh. Untuk media penyimpanan, Xiaomi Redmi 9 akan menawarkan dua pilihan yakni storage sebesar 64GB ditambah RAM 4GB atau storage sebesar 32GB dengan RAM 3GB.

Baca Juga  Pengadilan: iPhone 14 Dijual Harus Dengan Chargernya

Sementara Xiaomi Redmi 9A akan dijual pada harga lebih terjangkau untuk pasar low-end dimana memasang prosesor chip MediaTek Helio G25. Serupa dengan Redmi 8A, ponsel ini akan memiliki kapasitas baterai sebesar 5000mAh. Adapun ukuran layar Redmi 9A tidak akan berbeda dari Redmi 9 namun memiliki resolusi kamera depan yang lebih rendah yaitu 5MP.

Xiaomi Redmi 9

Sebelum dipasarkan di wilayah Indonesia, Xiaomi harus lulus dalam pengujian izin dari pemerintah, salah satunya ialah TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri). Sertifikat keluaran Kementerian Perindustrian (Kemenperin) ini meninjau seberapa besar atau persentase komponen dalam negeri guna menjamin pemasukan pajak penghasilan terhadap produk buatan sendiri sekaligus menggali potensi Indonesia sebagai basis ekspor dan produksi khususnya terhadap bidang teknologi.

Baca Juga  Daftar Startup Indonesia yang Lakukan PHK Hingga Bangkrut

Supaya boleh dijual, batas minimum TKDN yang harus dicapai oleh ponsel 4G adalah 30 persen. Xiaomi Redmi 9 sendiri dengan tipe (MI) M2004J19G berhasil memperoleh nilai 30,60 persen pada 4 Juni lalu. Sementara Xiaomi Redmi 9A dengan tipe (MI) M2006C3LG mencetak skor sedikit lebih tinggi yaitu 31,65 persen pada 26 Juni. Sebagai perbandingan, nilai ini sedikit lebih rendah dari Redmi 8 yang memiliki TKDN di atas 32 persen.

Sebelum ke Indonesia, Redmi 9 sudah dijual terlebih dahulu di China. Untuk memiliki Redmi 9, pembeli di China harus menyiapkan 799 Yuan yang setara dengan Rp 1,6 Juta untuk kapasitas memori RAM 4GB serta storage 64GB.

Baca Juga  Tak Cuma Indonesia, WhatsApp Down Juga di Beberapa Negara Ini

Karena sudah lulus TKDN, tak mengherankan jika Xiaomi Redmi 9 dan 9A akan dijual dalam waktu dekat. Harap bersabar dan terus bersemangat menunggu info terbaru tentang ponsel ini, ya!

    ”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website nesabamedia.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”