Media Inspirasi Masa Kini
News  

Soal Capres PDI-P, Hasto: Akan Ada Pertemuan Intens antara Megawati dan Jokowi

harianlampung.co.id – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan, momentum pengumuman calon presiden (capres) 2024 dari partainya akan diawali dengan pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Jokowi.

Tak hanya itu, pertemuan juga akan dihadiri ketua umum partai politik yang akan berkoalisi dengan PDI-P .

“Nanti juga sama, akan ada pertemuan-pertemuan yang intens antara Ibu Mega, Pak Jokowi, kemudian pertemuan dengan para ketua umum yang akan bersama-sama membangun kerja sama,” kata Hasto di Sekolah PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Minggu (30/10/2022).

Baca Juga  Soal Kemungkinan KIB Usung Ganjar, PPP: Harus Dipertimbangkan dengan Cermat

Namun demikian, Hasto menegaskan bahwa momentum pertemuan itu akan dilakukan setelah berbagai persoalan bangsa dapat diatasi.

Terlebih, lanjut Hasto, Presiden Jokowi dan Megawati kerap menyampaikan dalam beberapa kali kesempatan bahwa pada 2023, bangsa Indonesia akan menghadapi tantangan ekonomi yang besar.

Selain itu, dengan adanya perang antara Rusia dan Ukraina, dan terjadinya krisis pupuk, pangan serta energi di sejumlah negara, juga dapat berdampak kepada keamanan global.

“Dengan menguatnya Presiden Xi Jinping maka persoalan Taiwan yang sebelumnya secara gencar AS membekap penuh Taiwan ini juga akan menimbulkan persolan-persoalan geopolitik, sehingga situasi eksternal global itu sangat volatil dan kemudian penuh ancaman yang makin destruktif yang mengganggu kemanan global,” papar Hasto.

Baca Juga  Rangkuman Hari Ke-236 Serangan Rusia ke Ukraina: Korban Rusia Salip AS di Perang Vietnam, Upaya Kyiv Gagal di 3 Wilayah

Lebih lanjut, Hasto menambahkan, di dalam negeri saat ini juga memiliki tantangan tersendiri.

Salah satunya terkait mengatasi berbagai tekanan dan persiapan menggelar G20 dan kepemimpinan Indonesia di ASEAN.

Oleh karenanya, PDIP saat ini masih fokus kepada persoalan bangsa dan negara daripada pencapresan.

“Hal-hal itu yang harus kita lakukan dulu supaya energi bangsa ini betul-betul terkonsentrasi pada tugas kita yang telah dipercaya dunia internasional untuk menjadi pemimpin G20, itu yang seharusnya jadi fokus kita,” tegas Hasto.

Baca Juga  8 Hari Terpuruk, Rupiah Akhirnya Menguat Juga

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”