Media Inspirasi Masa Kini

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Ganti Ban Mobil? Ini Jawabannya

harianlampung.co.id

Ban merupakan salah satu komponen yang vital pada mobil dan bukan hanya sekedar soal tekanan angin saja, tapi juga patut dilihat secara fisik. Seringkali terjadi kecelakaan yang diakibatkan karena pecah ban. Lalu, sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban mobil Anda? Dilansir dari laman Mitsubishi-motors berikut tipsnya yang bisa Anda praktikan.

Merawat ban mobil penting untuk keamanan Anda di jalan

Sebenarnya mengganti ban harus dilihat dari kondisi pemakaian, jika mobil digunakan setiap hari dengan rute yang cukup jauh maka Anda harus perhatikan kondisi ban dari fisiknya. Ban yang sudah tipis sangat mempengaruhi pengendalian dan pengereman. Sangat berbahaya bila dipacu kencang dan menemui jalanan licin bila hujan. Grip ban sudah pasti jauh berkurang dan mobil mudah tergelincir.

Baca Juga  Daftar Museum Mobil Dunia yang Bisa Dikunjungi Secara Virtual

Perhatikan kembangan ban sebelum ganti ban mobil Anda, perhatikan bila terlihat tebal dan utuh, masih terbilang aman. Caranya dengan melihat pada tanda TWI (tread wear indicator). Bentuknya berupa simbol segitiga yang terletak di batas terbawah kembangan ban dan tonjolan karet di sela kembangan ban. Jika bagian itu sudah menyentuh aspal dan mulai terkikis, berarti ban semakin menipis dan sudah waktunya dipensiunkan.

Kondisi ban yang baik akan menimalisir risiko keselamatan Anda dalam berkendara

Perhatikan juga apakah ada retak-retak di alur dan dinding ban. Bisa jadi kualitas ban jelek atau pengaruh cuaca. Selain itu jika terdapat benjolan, ban gundul di sisi tepi atau tengah, tambalan ban yang sudah banyak, bekas lecet atau sayatan benda keras, dan tapak ban yang sudah mengelupas maka hal-hal tersebut jangan dibiarkan, karena mungkin saja dapat menyebabkan kebocoran dan bisa pecah sewaktu-waktu yang hal ini dapat mengancam keselamatan berkendara.

Baca Juga  Mengetahui Cara Kerja Kampas Kopling

Tapi jika mobil jarang digunakan, bukan berarti ban ini bisa bertahan selamanya. Patut diketahui jika ban juga mempunyai usia pakai. Tidak serta merta mobil yang jarang jalan selama bertahun-tahun, tak perlu mengganti ban karena masih tebal. Kondisi karet tentunya mengalami penurunan. Kami merekomendasikan untuk melakukan penggantian ban setelah usia kendaraan 6 tahun meski tidak terlihat kerusakan (mengacu pada owners manual kendaraan).

Apabila sudah waktunya mengganti ban mobil Mitsubishi kesayangan Anda, sekarang diler Mitsubishi sudah menyediakan ban sebagai suku cadang resmi. Mitsubishi Family tidak perlu repot-repot lagi mencari ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan karena sudah tersedia di diler resmi Mitsubishi.

Baca Juga  Begini Cara Merawat Mobil Putih Agar Tidak Menguning

Dan sebagai langkah perawatan ban secara berkala, lakukan rotasi dan balancing ban secara berkala setiap 10.000 km serta Wheel Alignment setiap 20.000 km di diler resmi pada saat perawatan berkala.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”