Media Inspirasi Masa Kini

Begini Cara Merawat Mobil Putih Agar Tidak Menguning

harianlampung.co.id – Warna putih telah menjadi warna pilihan utama bagi kebanyakan orang. Mobil berwarna warna putih terlihat simple dan elegan. Meskipun demikian, pemilik mobil harus rajin dalam merawat mobil putih ini. Pasalnya, jika pemilik lalai akan perawatan, maka cat mobil bisa berubah warna dan menguning. Ketika cat sudah menguning, salah satu cara untuk mengembalikan warna putih tersebut adalah dengan mengecat ulang kendaraan, yang tentunya akan menambah biaya. Untuk meminimalisir hal tersebut, pemilik mobil bisa melakukan berbagai macam perawatan rutin. Berikut adalah tips merawat mobil putih agar tidak menguning.

Cuci Mobil hingga Bersih

Salah satu penyebab cat mobil putih menguning adalah kotoran dan debu yang menempel. Ketika kotoran sudah lama menempel, maka dapat menimbulkan bercak. Oleh karena itu, disarankan untuk rutin mencuci mobil berwarna putih. Cucilah menggunakan air bersih. Selain itu, pemilihan shampoo mobil juga harus diperhatikan. Gunakan shampoo khusus untuk mobil karena pH dari shampoo / sabun disesuaikan dengan kualitas cat pada bodi.

Baca Juga  Pemulihan Cepat, tapi Teknik Paintless Dent Removal Tidak Bisa Digunakan untuk Ini

Pengeringan mobil setelah dicuci juga perlu diperhatikan. Usahakan pengeringan ini bebas dari busa dan air yang menempel pada mobil. Sisa sabun dan air dapat menyebabkan noda membandel pada bodi mobil.

Hindari Mencuci Mobil Di Bawah Sinar Matahari

Mencuci mobil dibawah sinar matahari merupakan kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh pemilik mobil. Sinar matahari langsung dapat membuat busa shampoo lebih cepat mengering. Hal ini tentunya dapat menimbulkan bercak pada bodi mobil. Disarankan untuk mencuci mobil di tempat yang teduh dan beratap.

Baca Juga  Cukup Krusial, Kapan Mobil Harus Dicuci Pasca Treatment Nano Ceramic?

Teknik Bilas yang Tepat

Dalam melakukan pembilasan mobil, para pemilik mobil harus memperhatikan teknik bilas yang tepat. Biasanya orang-orang melakukan pembilasan dari bawah ke atas. Hal ini akan membuat kotoran teserbar, dan pemilik mobil harus bekerja dua kali untuk membersihkan mobil. Teknik pembilasan yang benar adalah membilas dari atas ke bawah agar kotoran bisa langsung turun dan tidak menyebar ke bagian lain.

Lakukan Pemolesan 6 Bulan Sekali

Tidak hanya mencuci mobil dengan bersih, Pemilik mobil berwarna putih harus rutin melakukan pemolesan agar warna putih pada mobil tetap berkilau. Pemolesan ini juga penting untuk menghilangkan jamur yang menempel. Selain itu, penting untuk diingat bahwa pemolesan dilakukan setiap 6 bulan sekali agar lapisan cat tetap terjaga. Hindari melakukan pemolesan terlalu sering, sebab bisa menyebabkan cat memudar.

Baca Juga  Pasar Berkembang, Masyarakat Banyak Beralih Pakai Kendaraan Listrik

Parkir Mobil Di Tempat yang Teduh

Penyebab mobil putih menguning adalah terlalu sering diparkir dibawah terik sinar matahari. Hal ini terjadi karena oksidasi secara terus menerus seiring waktu. Sinar matahari dapat membuat cat mobil rusak, sehingga disarankan untuk memarkir mobil di tempat yang teduh.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”