Media Inspirasi Masa Kini

Tips Merawat Mobil Tua Agar Tetap Awet Muda

harianlampung.co.id – Meskipun sudah tidak diproduksi lagi, mobil tua masih menjadi primadona bagi sebagian besar orang. Mobil tua dianggap sebagai mobil yang langka dan memiliki nilai historis yang tinggi. Merawat mobil tua tergolong sulit, mengingat komponen-komponen mobil langka, dan mahal biayanya. Oleh karena itu, perawatan secara berkala merupakan sebuah kewajiban bagi pemilik mobil tua. Hal ini dilakukan agar nilai mobil tua bisa menjadi lebih tinggi dan terlihat seperti baru. Berikut adalah tips untuk merawat mobil tua agar terlihat awet muda.

Cek Kondisi Eksterior Mobil

Jika tidak dirawat, mobil tua akan semakin terlihat tua dan kotor. Oleh karena itu, mobil tua harus sering dirawat secara teratur. Perhatikan perawatan pada kaca pintu, kaca depan, dan kaca belakang agar tidak berjamur. Cucilah mobil tua menggunakan shampoo khusus dan gunakan sarung mobil agar terhindar dari debu yang bisa merusak cat. Selain itu, perhatikan bagian ban dan velg. Periksa tekanan angin pada ban dan gantilah velg bila sudah rusak dan berkarat.

Baca Juga  Serba-serbi Seputar Transmisi Mobil Matic

Bersihkan Interior Mobil Secara Teratur

Selain exterior, bagian interior juga harus dicek secara teratur. Bersihkan jok mobil secara berkala agar warna aslinya tidak cepat pudar dan berdebu. Disarankan untuk menggunakan cover jok mobil agar menjaga kondisi jok tetap awet dan terhindar dari debu. Selain menjaga kebersihan jok, perhatikan juga bagian dalam kaca mobil. Bersihkan menggunakan air dan kemudian keringkan menggunakan microfiber agar tidak meninggalkan bekas.

Periksa Mesin Mobil Secara Rutin dan Berkala

Mobil tua sering bermasalah pada bagian mesin. Pengecekan mesin secara teratur harus dilakukan untuk memastikan performa mesin tidak turun drastis. Lakukan perawatan mesin dengan cara tune up. Gantilah komponen mesin yang sudah rusak dengan komponen yang baru. Hal ini merupakan suatu kewajiban bagi pemilik mobil tua untuk menjaga keawetan performa mesin.

Baca Juga  Nissan Terra Facelift 'Kode' Meluncur di GIIAS 2022, Sudah Bisa Dipesan

Perhatikan Kabel-Kabel, Ring, dan Karet Penyangga

Untuk mencegah konsleting dan kebakaran, maka komponen kecil pada mobil tua harus diperhatikan. Komponen tersebut meliputi kabel-kabel, ring, dan karet penayngga. Gantilah kabel untuk mencegah konsleting, dan gantilah ring yang sudah berkarat untuk mengindari suara aneh yang keluar dari mobil. Periksa juga kondisi karet penyangga pada pintu-pintu mobil. Jika lepas atau robek segera ganti yang baru untuk menghindari bising dari luar dan air yang mudah masuk ke dalam mobil.

Baca Juga  Mazda Gelar Lebaran Campaign 2022, Bisa Pesan Lewat E-Commerce Juga Lho

Memilih Oli yang Tepat

Selain mengecek bagian eksterior dan interior, perawatan mobil tua juga harus memperhatikan mesin, khususnya oli mesin. Gantilah oli secara berkala setiap 2.500km agar tingkat emisi mesin dapat ditekan dan meringankan kerja mesin mobil. Gunakan bahan bakar yang berkualitas untuk menjaga performa mesin tetap awet.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”