Media Inspirasi Masa Kini

Tips Ampuh Hilangkan Bau Kabin Mobil Baru

harianlampung.co.id – Bagi sebagian orang, bau pada kabin mobil baru cukup mengganggu pengalaman berkendara. Bau yang ditimbulkan biasanya berasal dari senyawa yang dikeluarkan dari material bahan pembuatan kabin, seperti vinyl, kulit, plastik, atau bahan lainnya. Meskipun demikian, bau yang ditimbulkan tidak berbahaya bagi kesehatan. Jika ingin menghilangkan bau ini caranya cukup mudah. Berikut adalah tips menghilangkan bau pada kabin mobil baru.

Gunakan Bahan Alami

Untuk menghilangkan bau pada mobil baru, pemilik mobil bisa menggunakan bahan alami seperti kulit jeruk, lemon, kayu manis, dan kopi. Bahan alami ini tergolong sederhana dan mudah didapat. Penggunaannya pun cukup sederhana bagi biji kopi. Biji Kopi bisa langsung digunakan dengan memasukkannya ke wadah yang diberi lubang. Untuk penggunaan kulit jeruk, lemon, dan kayu manis, rebus terlebih dahulu bahan-bahan tersebut. Air rebusan kemudian dituangkan ke dalam wadah dan gunakan sebagai pengharum ruangan. Walaupun sedikit memakan waktu, namun cara ini cukup efektif untuk menghilangkan bau pada kabin.

Baca Juga  Begini Cara Mengoperasikan Fitur T Intouch di Toyota Veloz Baru

Jemur Mobil Selama 5 Menit

Cara yang satu ini sedikit unik dengan memanfaatkan sinar matahari untuk menghilangkan bau kabin. Untuk melakukan hal ini, parkirlah mobil di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung. Diamkan mobil selama 5-10 menit dengan membuka jendela mobil. Lakukan hal ini agar sinar matahari dapat langsung masuk ke dalam kabin mobil.

Baca Juga  Mobil Sedan Kini Sepi Peminat, Efek Pergeseran Tren?

Gunakan Pewangi Mobil

Cara yang untuk menghindari bau adalah dengan pewangi mobil. Secara teknis penggunaan pewangi mobil paling praktis dan paling mudah. Pemilik mobil tidak perlu membuat sendiri, pasalnya sudah terjual di pasaran beserta kemasannya. Aroma dari pewangi mobil juga dapat ditentukan oleh pemilik mobil sesuai selera.

Hidupkan Mesin Mobil

Salah satu cara untuk menghilangkan bau pada kabin adalah dengan menyalakan mesin mobil terlebih dahulu. Setelah itu nyalakan AC mobil. Lakukan cara ini selama beberapa menit. Dengan demikian, bau mobil pun akan hilang setelah menyalakan AC mobil. Namun, sebelum melakukan hal ini, pemilik mobil harus tahu persis dari mana datangnya sumber bau. Pada dasarnya, sumber bau mobil kabin berbeda-beda setiap mobil ketika masih baru.

Baca Juga  Yamaha Endurance Festival 2022 Digelar Kembali di Sirkuit Sentul

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”