Media Inspirasi Masa Kini

Bahaya Lho, Kalau Menahan Lapar Saat Macet di Jalan!

harianlampung.co.id

Macet adalah kondisi jalan raya yang seakan sudah menjadi santapan sehari-hari di kota-kota besar. Bukan cuma pagi dan malam hari, namun siang bahkan saat akhir pekan, kemacetan juga kerap melanda ruas-ruas jalan.

Saat Anda terjebak kemacetan, tentunya beragam perasaan seperti campur aduk jadi satu. Marah, letih, dan ingin terburu-buru sampai ditujuan rasanya dirasakan serentak saat itu. Apalagi jika kondisinya Anda belum sempat makan dan perut keroncongan.

Selain perasaan makin tak karuan, ternyata menahan lapar saat macet di jalan punya beberapa dampak buruk lho. Berikut diantaranya:

1. Mengganggu Metabolisme Tubuh

Pastikan asupan nutrisi dari makanan bergizi cukup buat tubuh Anda

Baca Juga  Ketahui Langkah-langkah Membayar Denda Tilang Elektronik

Makanan sehat dibutuhkan manusia untuk membantu proses kerja organ-organ yang ada dalam tubuh. Karena dalam setiap makanan terapat nutrisi yang dibutuhkan oleh seluruh mekanisme organ di tubuh ini. Jadi jika tidak makan, maka tidak ada asupan nutrisi ke organ-organ tubuh tersebut.

Penelitian membuktikan, jika tubuh tidak mendapat nutrisi selama 4 jam, maka akan mengganggu kinerja otak. Jika tubuh tidak mendapat nutrisi selama 8 jam, maka tubuh akan menggunakan glikogen untuk dijadikan energi dalam menggantikan kekurangan nutrisi tersebut.

Dan jika tidak makan dalam 12 jam, maka akan muncul beberapa gangguan dalam tubuh. Mulai dari tubuh merasa kedinginan, otot melemah, detak jantung tidak beraturan, sembelit, sampai risiko gagal ginjal.

Baca Juga  FIRST DRIVE: Hyundai Creta 2022 Produksi Indonesia, Punya Potensi Besar

2. Mengganggu Emosional

Saat lapar, pengemudi akan mudah marah

Jika dibiarkan menahan lapar saat macet, bukan cuma berdampak buruk bagi metabolisme organ tubuh. Tetapi emosional dan fungsi kognitif tubuh Anda juga akan terganggu. Hal yang paling mudah dirasakan saat tubuh kekurangan nutrisi akibat lapar adalah pusing, mengantuk, dan merasa kelelahan.

Jika menahan lapar untuk waktu yang cukup lama, maka emosi akan jadi lebih sensitif. Misalnya mudah marah, depresi, dan merasa gelisah. Jika kondisi tersebut dibiarkan terus menerus dalam waktu lama, maka sesorang akan mudah terpancing emosi ketika melakukan kontak dengan orang lain.

Baca Juga  Mau Tahu Harga Xpander Si Pendobrak Pasar LMPV?

Nah, menyeramkan ya… Makanya jangan menahan lapar ketika terjebak macet di jalan ya!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”