Media Inspirasi Masa Kini

Jangan Langsung Panik Jika Indikator Check Engine Chevrolet Captiva Menyala

harianlampung.co.id

Walau pihak General Motors (GM) Indonesia sudah angkat kaki dari negara ini, tetapi para penggemar setiap mobil-mobil Chevrolet bekas selalu ada. Satu diantaranya pengguna Chevrolet Captiva. Sebuah SUV dengan pilihan mesin diesel dan bensin yang sudah ada di Indonesia sejak lebih dari 10 tahun lalu.

Namun seiring bertambahnya usia, ada beberapa masalah yang juga mungkin dirasakan para pemilik Chevrolet Captiva. Diantaranya lampu indikator check engine yang menyala. Tentunya lampu ini menjadi peringatan bagi pemilik kendaraan, jika ada sesuatu yang abnormal di bagian mesin kendaraan tersebut.

1. Tutup Tangki BBM Tidak Rapat

Terkadang akibat tutup tangki tidak rapat, lampu check engine menyala

Baca Juga  Berapa Kisaran Biaya Coating Mobil 2 Layer Di Jakarta?

Mungkin terdengar konyol, tetapi apabila Anda tiak rapat setelah mengisi BBM, maka lampu indikator check engine Chevrolet Captiva akan menyala. Jadi sebaiknya pastikan tutup tangki benar-benar rapat setelah isi BBM ya.

2. Koil Atau Busi Rusak

Cek apakah koil atau busi ada yang rusak

Ketika lampu check engine menyala, para pemilik Chevrolet Captiva bisa memeriksa bagian koil dan busi. Saat koil sudah tidak berfungsi, maka indikator tersebut akan memberi tanda kepada pengemudi. Begitu juga apabila busi sudah rusak atau kotor.

3. Kabel Busi Perlu Diganti

Periksa juga kabel businya

Baca Juga  Cukup Krusial, Kapan Mobil Harus Dicuci Pasca Treatment Nano Ceramic?

Apabila kondisi koil dan busi masih baik, coba periksa bagian kabel busi. Komponen ini bertugas menghantarkan listrik dari koil ke busi. Jika usia pakai kabel busi sudah saatnya diganti, maka lampu check engine akan menyala terus menerus.

4. Sensor Oksigen Rusak

Bisa jadi sensor oksigen yang sudah harus diganti

Jika ternyata lampu check engine Chevrolet Captiva masih tetap menyala padahal kondisi koil, busi dan sistem pengapian lainnya masih baik, maka ada kemungkinan sensor oksigennya yang rusak. Jika dibiarkan rusak, maka kerusakan akan merambat ke komponen mesin lainnya. Jadi sebaiknya langsung cek ke bengkel langganan Anda ya.

Baca Juga  Mobil Listrik dan Giat Pabrikan Mobil Untuk Berinovasi

5. Cek Catalytic Converter

Catalytic converter yang tersumbat juga jadi penyebab check engine menyala

Apabila lampu check engine masih tetap menyala, Anda bisa cek bagian catalytic converter. Bisa jadi pada bagian ini mengalami penyumbatan karena terlalu kotor atau mungkin sudah rusak. Jadi sebaginya lakukan perbaikan sebelum kerusakan menjalar ke bagian lain.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”