Media Inspirasi Masa Kini

Arti Huruf dan Angka Persneling di Mobil Transmisi Otomatis

harianlampung.co.id – Di kota-kota yang lalu lintasnya cukup padat, mobil dengan transmisi otomatis biasanya menjadi pilihan favorit. Mobil matic lebih nyaman bagi pengemudi yang menyetir di tengah kemacetan karena tak perlu berulang kali menginjak pedal kopling. Namun sebelum berkendara, ada baiknya pengemudi sudah memahami lebih dulu arti huruf dan angka di persneling mobil dengan transmisi matic atau otomatis.

Pada umumnya, tuas transmisi terdiri dari huruf dan angka seperti P, R, N, D, 2, dan L. Apa arti huruf dan angka pada transmisi persneling matic tersebut? Seperti dilansir situs resmi Suzuki, berikut penjelasan selengkapnya.

Baca Juga  Michelin Pilot Sport 5 Resmi Hadir di Indonesia, Ban Sportscar Dengan Peningkatan Grip dan Durabilitas

Huruf P

Artinya adalah parking atau parkir. Sesuai fungsinya, pengemudi sebaiknya menggeser tuas transmisi ke P saat sedang parkir agar transmisi dalam posisi terkunci. Dengan begitu, mobil tidak akan bergerak.

Huruf R

Artinya adalah reverse dan berfungsi sebagai gigi mundur. Gigi ini lebih sering digunakan ketika hendak parkir dengan berjalan mundur.

Huruf N

Singkatan dari neutral atau netral. Pada posisi ini, mesin dan transmisi tidak terhubung sehingga mobil tidak akan berjalan meski pedal gas dipijak.

Baca Juga  Coating Mobil Bisa Jadi Solusi Cat Mobil Berubah Warna, Benarkah?

Huruf D

Singkatan dari drive atau jalan. Dengan transmisi D, perpindahan gigi dari 1 sampai gigi tertinggi akan diatur secara otomatis. Pengendara hanya tinggal menginjak gas dan rem.

Huruf L

Fungsinya menahan gigi tertinggi tetap di gigi satu.

Angka 2

Berfungsi untuk menahan gigi tertinggi di gigi dua. Angka 2 pada transmisi otomatis biasa dipakai saat engine brake di jalan menurun tajam atau panjang, serta bila berhadapan dengan tanjakan curam. Sebab, jika hanya menggunakan D, terkadang mobil terasa berat ketika menanjak.

Shift Lock

Beberapa mobil matci memiliki tombol Shift Lock di sekitar tuas transmisi. Fungsinya untuk melepas pengunci tuas transmisi sehingga bisa pindah ke posisi N ketika mesin mati. Shift Lock bermanfaat ketika parkir paralel sehingga mobil matic bisa didorong ketika akan digeser.

Baca Juga  4 Komponen Mobil yang Harus Diperhatikan Saat Musim Penghujan

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”