Media Inspirasi Masa Kini

Kenali 4 Efek yang Timbul Jika Sering Menjemur Mobil

harianlampung.co.id – Salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi mobil adalah cuaca. Hujan dan terik matahari tentunya akan berimbas ke mobil, baik yang sering dipakai di jalan, maupun di parkir. Namun salah satu hal yang sering dilakukan oleh pemilik mobil adalah memarkir mobil di luar tanpa garasi. Hal ini memberikan efek pada mobil ketika sering terkena paparan sinar matahari. Apa saja efek yang ditimbulkan ketika sering menjemur mobil?

Cat Mobil Cepat Kusam

Salah satu bagian yang paling rentan ketika mobil kelamaan dijemur adalah cat pada bodi mobil. Paparan sinar matahari secara terus menerus dengan waktu yang lama dapat merusak lapisan cat. Hal ini menyebabkan cat mobil menjadi kusam. Salah satu cara untuk mencegah warna mobil menjadi kusam adalah dengan menggunakan cover mobil ketika mobil berada di luar. Namun, pemilik mobil disarankan untuk memarkir mobil di tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung dan beratap.

Baca Juga  Ini Bahan Membuat Ban Goodyear, Ada Minyak Kedelainya

Lampu Mobil Menjadi Kekuningan

Salah satu efek dari mobil yang terkena paparan sinar matahari secara terus menerus adalah warna lampu mobil yang menjadi kekuningan. Hal ini terjadi karena material mika pada lampu mobil terlalu lama dijemur pada tempat yang terik. Lampu yang kekuningan akan berdampak pada sorotan lampu yang menjadi tidak maksimal. Selain itu, tampilan mobil secara keseluruhan akan terlihat kurang menarik akibat warna lampu yang kekuningan.

Baca Juga  Wuling Tambah Jajaran MPV Lewat Formo S, Dapat Subsidi PPnBM 100% Juga

Karet Mobil Mengeras

Komponen mobil yang bisa rusak ketika terkena sinar matahari secara langsung adalah karet wiper. Karet wiper yang sering terpapar sinar matahari dapat mengeras dan akhirnya menjadi getas. Ketika karet wiper mengering, maka kinerja dari wiper tidak sempurna. Hal ini juga bisa berdampak timbulnya baret pada kaca depan.

Merusak Interior Mobil

Salah satu efek yang muncul ketika sering menjemur mobil adalah interior yang rusak. Bagi yang memiliki mobil dengan jok berbahan kulit, maka jok kulit akan kusam dan kering. Selain itu, bagian dashboard juga dapat rusak jika sering dijemur. Dari beberapa kasus, terdapat kasus yang paling ekstrim dari efek menjemur mobil, yaitu dashboard meleleh. Oleh karena itu, parkirlah mobil di tempat yang layak untuk mencegah terjadinya hal ini.

Baca Juga  Tips Mengatasi Rasa Panik Saat Mengemudi

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”