Media Inspirasi Masa Kini

Trik Agar Mendapatkan Mobil Bekas Original, Perhatikan 4 Hal Ini

harianlampung.co.id

Berburu mobil bekas memang gampang-gampang susah. Terkadang kondisi mobil pada iklan yang ditayangkan tidak sesuai dengan kenyataannya. Ada beberapa bagian di mobil tersebut yang menyurutkan keinginan Anda untuk membawa pulang mobil tersebut.

Namun saat berhasil mendapatkan mobil bekas original, pastinya akan senang bukan kepalang. Karena jika pemilik sebelumnya tetap mempertahankan originalitas kendaraan tersebut, pasti akan menambah nilai dari mobil itu.

Tapi lagi-lagi, tidak gampang menemukan mobil yang masih dalam kondisi antik full original. Apalagi sebagian penjual mobil bekas, kerap menyembunyikan nilai minus dari kendaraan yang dijualnya itu. Nah berikut ini beberapa hal yang bisa diperhatikan untuk melihat apakah mobil tersebut masih original atau tidak.

1. Pastikan Bodi Masih Lurus

Jangan mentoleransi apabila sudah terlihat ada celah dibagian bodi mobil

Pernah mendengar istilah “bodi msih lempeng”? Nah istilah ini bukan sekedar ungkapan para penjual mobil bekas. Anda sebagai pembeli juga wajib memperhatikan kondisi bodi mobil bekas original yang sedang jadi incaran.

Baca Juga  Arus Mudik Padat, Ketahui Tips Aman Berkendara di Jalan Tol

Pastikan antar bagian bodi masih sama rata. Terutama antara bemper dengan pintu, dan pintu-pintu dengan bagian bodi lainnya. Jika terdapat rongga atau celah dibagian bodi tersebut, maka bisa jadi itu karena mobil pernah tabrakan.

2. Pastikan Belum Pernah Cat Ulang

Mobil yang pernah dicat ulang akan menurunkan nilai jualnya

Mendapatkan mobil bekas original juga perlu untuk memperhatikan bagian catnya. Pastikan bodi mobil tersebut belum pernah dicat ulang. Jika mobil menggunakan aksen stiker bodi atau emblem, pastikan pula kondisi stiker dan emblem masih menempel sempurna, tidak memudar, terkelupas, atau bahkan hilang.

Pastikan juga bagian bodi mobil tidak terkena dempul yang berlebihan. Cara sederhana untuk mengeceknya adalah mengetuk-ngetuk ringan dengan jari tangan. Bila bodi mobil masih berbunyi nyaring mirip bunyi kaleng, maka bodi belum pernah terkena dempul.

Baca Juga  Hyundai Akan Produksi Setir Lipat Untuk Mobil Otonom

3. Perhatikan Kondisi Interior

Bagian-bagian interior wajib masih lengkap

Untuk mendapatkan mobil bekas yang masih dalam kondisi original kami menyarankan untuk memperhatikan kondisi interiornya. Pastikan bahan pelapis jok masih terjahit dengan kencang, tidak ada bagian yang mengendur. Perhatikan pula apakah ada pelapis jok yang sobek atau warnanya mulai pudar.

Pastikan bagian-bagian kecil di interior masih lengkap. Misalnya kisi-kisi AC, tombol-tombol di konsol tengah, hingga karet penutup soket lighter. Karena pada beberapa kendaraan, aksesoris kecil ini cukup sulit didapat kalau sudah rusak atau bahkan hilang.

4. Belum Pernah Turun Mesin

Pastikan belum ada tanda-tanda mesin pernah dibongkar

Baca Juga  Akselerasi Mobil Matik Berat, Cek Kondisi Kampas Koplingnya

Ketika mengecek apakah mobil bekas original atau tidak bisa dengan memperhatikan bagian mesin. Pastikan mesin tidak ada tanda-tanda pernah dibuka untuk turun mesin. Untuk komponen lain seperti fan belt, kipas radiator, atau aki, sangat wajar untuk diganti seiring bertambahnya usia mobil.

Jangan sungkan untuk menanyakan juga kapan terakhir kali melakukan servis berkala dan apa saja komponen yang diganti saat servis tersebut. Ini untuk mengetahui kira-kira komponen mana saja yang nantinya wajib Anda ganti setelah membeli mobil tersebut.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”