Media Inspirasi Masa Kini

Mengenal 10 Nama Malaikat dalam Islam dan Tugasnya

Mengenal 10 Nama Malaikat dalam Islam dan Tugasnya

HarianLampung.co.id – Berikut informasi Khazanah tentang malaikat dengan Mengenal 10 Nama Malaikat dalam Islam dan Tugasnya,

Malaikat adalah makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah SWT dari nur atau cahaya. Keberadaan mereka tidak dapat dilihat atau dirasakan oleh panca indera manusia, namun sebagai umat Muslim, kita diwajibkan untuk mempercayai keberadaan mereka.

Malaikat merupakan salah satu dari rukun iman yang harus diyakini oleh setiap Muslim.

Berdasarkan buku “Belajar Aqidah Akhlak” karya Muhammad Asroruddin Al Jumhuri, malaikat diciptakan oleh Allah SWT tanpa memiliki nafsu dan keinginan, sehingga tidak ada di antara mereka yang ingkar atau kufur.

Beberapa ciri-ciri malaikat telah digambarkan dalam Al-Qur’an surat Fathir ayat 1, yang berbunyi:

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ جَاعِلِ ٱلْمَلَٰٓئِكَةِ رُسُلًا أُو۟لِىٓ أَجْنِحَةٍ مَّثْنَىٰ وَثُلَٰثَ وَرُبَٰعَ ۚ يَزِيدُ فِى ٱلْخَلْقِ مَا يَشَآءُ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: “Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS Fathir: 1).

Meskipun jumlah malaikat sebenarnya sangat banyak dan hanya diketahui oleh Allah SWT, terdapat 10 nama-nama malaikat yang wajib diketahui oleh umat Muslim.

10 Nama Malaikat dan Tugasnya Yang Wajib Diketahui

Berikut ini penjelasan mengenai nama-nama malaikat tersebut beserta tugas-tugasnya:

Malaikat Jibril

Malaikat Jibril memiliki tugas penting dalam menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada nabi dan rasul-Nya.

Setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir, Allah SWT kemudian memberikan tugas lain kepada Malaikat Jibril untuk mendampingi mereka yang sedang mengalami sakaratul maut dalam keadaan suci.

Malaikat Jibril juga bertugas memberikan rahmat dan kemudahan kepada orang sakaratul maut, serta mampu mengatur angin dan memenuhi atau menahan doa yang dipanjatkan oleh umat manusia.

Malaikat Mikail

Malaikat Mikail memiliki tugas untuk membagikan rezeki kepada seluruh makhluk Allah SWT. Ia memiliki kemampuan dalam menggiring awan, menurunkan hujan, memberikan buah kepada tumbuh-tumbuhan, mengirimkan angin, dan mengatur tingkat kesuburan tanaman.

Malaikat Israfil

Malaikat Israfil bertugas meniup sangkakala atau terompet pada hari kiamat. Tiupan pertama sangkakala tersebut akan menyebabkan terjadinya hari kiamat dan hancurnya seluruh alam semesta yang akan mematikan semua makhluk hidup.

Tiupan kedua akan menjadi tanda dibangkitkannya kembali semua makhluk Allah SWT untuk menerima hisab atau penghitungan dari semua amal perbuatannya di dunia.

Malaikat Izrail

Malaikat Izrail dikenal sebagai malaikat maut yang bertugas mencabut nyawa manusia. Ia melaksanakan tugasnya berdasarkan perintah Allah SWT tanpa mengenal waktu, usia, atau jenis kelamin.

Malaikat Munkar

Malaikat Munkar merupakan malaikat yang bertugas di alam barzakh untuk menanyai makhluk mukallaf, baik dari kalangan jin maupun manusia, yang berada di dalam kubur.

Malaikat Munkar akan menanyakan tentang keburukan yang dilakukan oleh orang yang telah meninggal selama hidupnya.

Konon, malaikat Munkar akan membawa godam sebagai senjatanya saat melakukan tugasnya.

Malaikat Nakir

Malaikat Nakir juga bertugas di alam barzakh untuk menanyai makhluk mukallaf dengan sejumlah pertanyaan terkait keimanan.

Berbeda dengan malaikat Munkar, malaikat Nakir akan menanyakan tentang kebaikan yang dilakukan oleh orang yang telah meninggal selama hidupnya.

Malaikat Raqib

Malaikat Raqib memiliki tugas untuk mencatat amal perbuatan baik yang dilakukan oleh manusia selama hidup di dunia.

Ia senantiasa mengiringi setiap langkah manusia dan mencatat segala kebaikannya untuk diperhitungkan saat hari penghisaban kelak.

Malaikat Atid

Malaikat Atid bertugas mencatat amal perbuatan buruk yang dilakukan oleh manusia. Ia juga mengiringi setiap langkah manusia untuk mencatat segala keburukannya yang akan dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT pada hari penghisaban.

Malaikat Malik

Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka. Ia digambarkan memiliki sifat yang keras dan tidak memiliki rasa belas kasihan sedikitpun.

Namun, malaikat Malik melaksanakan tugas ini sebagai bentuk ketaatannya kepada Allah SWT.

Malaikat Ridwan

Malaikat Ridwan adalah malaikat yang bertugas menjaga pintu surga. Berbeda dengan malaikat Malik, malaikat Ridwan memiliki sifat yang ramah dan lembut. Ia menyambut dengan baik orang-orang yang masuk ke dalam surga-Nya.

Itulah 10 nama-nama malaikat beserta tugasnya yang penting untuk diketahui oleh umat Muslim. Mengenal dan memahami peran mereka dalam kehidupan serta di akhirat dapat meningkatkan pemahaman kita sebagai umat Islam.

Semoga pengetahuan ini bermanfaat bagi kita semua dalam menjalankan agama dengan baik dan benar.

Temukan Artikel Viral kami di Google News