Media Inspirasi Masa Kini
News  

Gelaran Formula E 2023 di Jakarta: PLN Jamin Pasokan Listrik Tanpa Gangguan

Gelaran Formula E 2023 di Jakarta
Gelaran Formula E 2023 di Jakarta

HarianLampung.co.id – Pada tanggal 3-4 Juni 2023, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, secara langsung memantau pengamanan kelistrikan selama event balap bergengsi ini.

Dalam upaya menyukseskan Formula E 2023 dan membuktikan kapasitas perusahaan dalam menyediakan listrik untuk event internasional, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan komitmen penuh PLN.

Standar Zero Downtime oleh PLN untuk Event Besar

Standar yang diterapkan oleh PLN untuk event skala besar seperti Formula E adalah zero downtime, artinya tanpa gangguan pasokan listrik.

“Dalam hal ini kami sudah sangat berpengalaman, seperti KTT G20 di Bali, KTT ASEAN di Labuan Bajo, MotoGP di Mandalika NTB,” ungkap Darmawan.

Daya Listrik Stabil untuk Formula E 2023

Total daya listrik yang disediakan PLN dalam gelaran ini mencapai 3.876 kilo Volt Ampere (kVA), dengan pasokan yang stabil dan didukung oleh enam subsistem berkapasitas total 8.848 Megawatt (MW).

“Dengan kondisi ini, selain Formula E 2023, suplai listrik yang kami operasikan juga dapat memenuhi kebutuhan event-event besar di Jakarta.

Ditambahnya pasokan listrik berlapis membuat listrik semakin andal,” ucap Darmawan.

Infrastruktur Pendukung Pasokan Listrik Selama Event Balap

Doddy B. Pangaribuan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, menjelaskan bahwa PLN menggunakan tiga Uninterruptible Power Supply (UPS) Mobile berkapasitas masing-masing 500 kiloVolt Ampere (kVA), tiga Unit Gardu Bergerak (UGB) berkapasitas masing-masing 1.000 kVA, dua UGB berkapasitas masing-masing 630 kVA, dan satu UGB berkapasitas 400 kVA.

PLN juga menurunkan 52 personel khusus untuk menjaga keandalan pasokan listrik selama event balap berlangsung. Untuk mempermudah mobilisasi, mereka dibekali dengan tiga unit motor listrik.

Apresiasi kepada Para Pihak yang Mendukung

Doddy juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang bekerja sama dengan PLN, terutama terkait penyiapan dan pengamanan infrastruktur kelistrikan untuk Formula E Jakarta 2023.

“Kami berterima kasih kepada pihak yang sangat kooperatif membantu PLN dalam menyiapkan segala infrastruktur kelistrikan di ajang balap internasional Formula E 2023 ini.

Termasuk dukungan masyarakat yang membuat event bergengsi ini bisa berjalan lancar dan meriah,” pungkas Doddy.

Temukan Artikel Viral kami di Google News