Media Inspirasi Masa Kini

Simak Manfaat Kecipir Bagi Kesehatan, Ampuh Untuk Menu Diet

Simak Manfaat Kecipir Bagi Kesehatan, Ampuh Untuk Menu Diet

HarianLampung.co.id – Berikut ini informasi menarik mengenai Khasiat dan Manfaat Kecipir Bagi Kesehatan, yang salah satunya merupakan obat alami untuk mengatasi kesehatan mata serta ampuh untuk Menu Diet

Kecipir adalah sayuran yang tumbuh subur di wilayah tropis seperti Indonesia, Filipina, dan Thailand. Dikenal sebagai sayuran serbaguna yang kaya nutrisi, kecipir menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, seperti yang dikutip dari Web MD.

Nutrisi yang Kaya dalam Kecipir

Kecipir mengandung karbohidrat, protein, dan bahkan lemak dalam jumlah kecil yang jarang ditemukan pada sayuran lainnya.

Menurut Nutrition Journal, hampir semua bagian kecipir dapat dikonsumsi dan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Daunnya dapat dimakan seperti bayam, bunganya bisa dijadikan salad, umbinya bisa dimakan mentah atau dimasak, dan bijinya serupa dengan kedelai.

Berkat kandungan vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya, kecipir memiliki manfaat yang jarang diketahui orang.

Khasiat Manfaat Kecipir Bagi Kesehatan

Inilah beberapa manfaat kecipir untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir dari Mayo Clinic:

1. Manfaat Kecipir Memilik Kandungan Rendah Kalori untuk Mendukung Diet

Manfaat pertama kecipir adalah kandungannya yang rendah kalori. Dalam 100 gram kecipir, hanya terdapat sekitar 49 kalori.

Hal ini menjadikan kecipir sebagai pilihan yang baik untuk dikonsumsi dalam bentuk sayur, campuran salad, atau setelah dikukus.

Sayuran ini cocok untuk siapa saja, termasuk mereka yang sedang menjalani program diet. Selain itu, kecipir juga mengandung lemak sehat dan protein.

2. Khasiat Kecipir Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat kedua kecipir adalah kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan tulang. Kecipir mengandung kalsium dan fosfor yang dapat memperkuat tulang.

Selain itu, kecipir juga memberikan energi melalui mineral yang terkandung di dalamnya, terutama bagi orang yang sedang dalam proses pemulihan.

3. Manfaat Kecipir Mampu Menghambat Penuaan Dini

Manfaat ketiga kecipir adalah kemampuannya dalam menghambat penuaan dini. Kecipir mengandung mineral tembaga yang merupakan antioksidan kuat.

Bersama dengan enzim superoxide dismutase (SOD), mineral ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari pengaruh radikal bebas, sehingga dapat mencegah penuaan dini.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat selanjutnya dari kecipir adalah kemampuannya dalam meningkatkan imunitas tubuh. Seratus gram kecipir mengandung sekitar 19 miligram vitamin C, yang dapat memenuhi sekitar 20-30% kebutuhan harian Anda.

Menurut laporan jurnal Nutrients, vitamin C merupakan antioksidan yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat terakhir dari kecipir adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan mata. Kecipir mengandung vitamin A dan vitamin B1, yang dapat menjaga penglihatan dari penyakit seperti katarak dan glaukoma.

Hal ini penting karena kecipir dapat menjaga koordinasi saraf dan otot mata, sehingga penyampaian pesan dari mata ke otak tetap berjalan dengan baik.

Apapun cara mengonsumsi kecipir, baik dalam bentuk apa pun, sayuran ini mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Dengan menyeimbangkan konsumsi sayur dan berolahraga, Anda dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

Itulah beberapa manfaat kecipir untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Meskipun belum banyak diketahui orang, kecipir dapat menjadi pilihan yang baik untuk menambahkan ke dalam pola makan sehat Anda.

Temukan Artikel Viral kami di Google News