Media Inspirasi Masa Kini
News  

Sudah Keluar, Buruan Cek Pengumuman Nilai Hasil UTBK SNBT 2023 dan Unduh Sertifikat

Sudah Keluar, Buruan Cek Pengumuman Nilai Hasil UTBK SNBT 2023 dan Unduh Sertifikat
Cara Daftar UTBK-SBMPTN LOGIN portal.ltmpt.ac.id

HarianLampung.co.id – Pengumuman hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 akhirnya telah diumumkan pada Selasa, 20 Juni 2023.

Untuk memeriksa hasil UTBK SNBT 2023, peserta dapat melakukan login ke situs web resmi https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ atau menggunakan salah satu dari 37 tautan cermin lainnya.

Selain melihat pengumuman hasil seleksi UTBK SNBT 2023, peserta juga memiliki opsi untuk mengunduh sertifikat UTBK. Sertifikat UTBK ini mencantumkan nilai yang diperoleh peserta dalam UTBK 2023.

Namun, pengunduhan atau pencetakan sertifikat hasil nilai UTBK SNBT 2023 hanya dapat dilakukan setelah pengumuman hasil UTBK SNBT 2023.

Berdasarkan jadwal resmi yang tertera di situs SNPMB, pengunduhan sertifikat UTBK akan tersedia mulai 26 Juni 2023, enam hari setelah pengumuman seleksi, hingga 31 Juli 2023.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengunduh sertifikat UTBK NBT 2023:

  1. Buka situs https://snbt.bppp.kemdikbud.go.id.
  2. Masukkan nomor peserta UTBK SNBT dan tanggal lahir.
  3. Klik tombol “Hasil”.
  4. E-sertifikat UTBK akan ditampilkan di layar.
  5. Pilih opsi “Unduh” atau “Download”.

Seperti yang dilaporkan oleh unri.ac.id, sertifikat UTBK SNBT dapat diunduh oleh semua peserta, tidak hanya yang lolos seleksi. Sertifikat ini memiliki berbagai fungsi bagi calon mahasiswa, baik yang dinyatakan lolos maupun tidak.

Melalui sertifikat UTBK ini, peserta dapat mengetahui hasil atau skor pada setiap bidang tes yang mereka ikuti dalam UTBK, sehingga mereka dapat menilai pencapaian mereka.

Bagi yang dinyatakan lolos, sertifikat UTBK dapat digunakan sebagai salah satu syarat pendaftaran ulang atau registrasi calon mahasiswa baru di PTN. Sementara itu, bagi peserta yang belum lolos, sertifikat UTBK dapat digunakan untuk mengikuti seleksi jalur lain, seperti jalur mandiri.

Sertifikat UTBK memiliki peran penting dalam proses seleksi di beberapa PTN yang menggunakan nilai UTBK, antara lain:

  • Universitas Airlangga (Unair)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Institut Pertanian Bogor (IPB)
  • Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Temukan Artikel Viral kami di Google News