HarianLampung.co.id – Temukan 5 strategi sukses dalam membuat CV atau resume untuk melamar pekerjaan.
CV atau resume merupakan alat yang penting untuk memikat perhatian pemilik perusahaan atau HRD dalam proses seleksi karyawan.
Sebagai seorang rekruter atau HRD, mereka akan membaca banyak CV atau resume. Oleh karena itu, mereka perlu menghemat waktu untuk menemukan kandidat yang paling cocok untuk perusahaan.
Anda dapat membantu mereka dengan menciptakan CV atau resume yang menarik bagi HRD atau pemilik perusahaan.
Berikut adalah 5 strategi sukses dalam membuat CV yang menarik perhatian perusahaan:
1. Buatlah CV atau resume yang singkat
Mengutip dari Mashable, para HRD memiliki waktu yang terbatas untuk membaca ratusan atau ribuan CV atau resume yang diterima.
Oleh karena itu, mereka membaca dengan cepat setiap CV dan mencatat nama pengirim CV yang menarik bagi mereka.
Oleh karena itu, setengah halaman pertama CV atau resume Anda adalah hal yang paling penting. Pastikan setengah halaman pertama ini mencakup pengalaman terbaru dan relevan dengan posisi yang Anda lamar.
2. Bedakan antara tanggung jawab dan pencapaian
Kesalahan yang sering terjadi dalam membuat CV atau resume adalah kurang memahami cara yang tepat untuk menggambarkan pengalaman.
Tujuan CV atau resume Anda adalah menjelaskan dampak dari kinerja Anda di lingkungan kerja. CV atau resume yang efektif mampu menjelaskan perubahan sebelum dan setelah kehadiran Anda.
Pastikan pembaca dapat mengukur kinerja Anda dan bagaimana perusahaan dapat memanfaatkannya. Cobalah untuk menuliskan pencapaian kuantitatif Anda di tempat kerja sebelumnya.
3. Identifikasi dan gunakan indikator kinerja
Anda akan menemukan indikator penilaian kinerja atau Key Performance Indicators (KPI) di tempat kerja. Gunakan angka-angka dari KPI Anda dalam CV atau resume.
Anda dapat menyertakan data seperti angka penjualan, tingkat kepuasan pelanggan, peningkatan penjualan, jumlah kunjungan situs web, dan lain sebagainya.
Data ini akan memudahkan pembaca dalam memahami dampak Anda di tempat kerja.
4. Sorot kata kunci dalam CV atau resume
Saat membaca deskripsi pekerjaan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan, Anda dapat menemukan kata kunci yang relevan untuk dimasukkan ke dalam CV atau resume.
Sebaiknya, masukkan kata kunci tersebut dalam pencapaian yang Anda tulis di CV atau resume. Hal ini akan membuat CV Anda lebih menonjol dan membantu Anda dianggap sebagai ahli dalam posisi yang Anda lamar.
Fokuslah pada keahlian yang Anda miliki dan ciptakan gambaran diri Anda sebagai seorang spesialis di bidang tersebut.
Demikianlah 4 strategi sukses dalam membuat CV atau resume yang dapat menarik perhatian HRD dan pemilik perusahaan.