Media Inspirasi Masa Kini

Amankan Pilkades Tahap II, Polres Lampung Selatan Kerahkan 1.222 Personel Gabungan

PilKades

HarianLampung.co.id – Menyambut tahap pemungutan suara pemilihan kepala desa (Pilkades) gelombang II tahun 2023 di 42 desa yang berada di Kabupaten Lampung Selatan, Polres Lampung Selatan telah mengambil langkah proaktif dengan mengerahkan sekitar 1.222 personel dari berbagai instansi keamanan.

Pemilihan yang dijadwalkan akan berlangsung pada Kamis, 31 Agustus 2023 mendatang ini akan melibatkan calon kepala desa sebanyak 138 orang, dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sekitar 105.306 orang.

Baca Juga : Kapan Seleksi CPNS Dibuka?, Cek Jadwal Lengkap Pendaftaran CPNS 2023

Personel yang terdiri dari anggota Polres Lampung Selatan, Kodim 0421/LS, Sat Brimob Polda Lampung, SatPol PP, dan Linmas akan ditempatkan di 42 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 13 kecamatan.

Langkah ini diambil guna memastikan kelancaran dan keamanan proses pemungutan suara yang menjadi tonggak demokrasi lokal.

Dalam komentar kepada media, Kapolres Lampung Selatan, AKBP Yusriandi Yusrin menjelaskan bahwa langkah ini adalah bagian dari usaha serius untuk menjaga integritas proses demokrasi.

“Kami telah mempersiapkan diri dengan matang. Seluruh personel yang akan bertugas dalam menjaga TPS telah kami siapkan sejak pagi ini.

Baca Juga : Simak Formasi Pendaftaran CPNS di Pemda dan Pemerintah Pusat, Resmi dari MenPANRB

Mereka telah bergeser ke titik-titik strategis untuk memastikan situasi aman dan terkendali,” ujar AKBP Yusriandi Yusrin.

Kedepannya, Polres Lampung Selatan juga akan dibantu oleh 93 personel gabungan dari Polresta Bandar Lampung, Polres Lampung Timur, dan Polres Pesawaran yang akan bertugas di Polsek di perbatasan Lampung Selatan.

Langkah ini menunjukkan kolaborasi yang kuat antara berbagai pihak dalam menjaga keamanan selama proses pemilihan.

Tidak hanya menekankan pada aspek keamanan, AKBP Yusriandi Yusrin juga menggarisbawahi pentingnya keterlibatan seluruh lapisan masyarakat dalam menjaga integritas pemilihan.

“Kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu dalam menjaga dan mengamankan Pilkades ini.

Kami telah merencanakan penempatan personel berdasarkan tingkat kerawanan di masing-masing TPS, namun dukungan aktif dari masyarakat sangatlah penting,” tegasnya.

Baca Juga : Horee, Pemerintah Kembali Buka Pendaftaran Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Bulan September

Apel pergeseran pasukan yang digelar di Lapangan Korpri, Kalianda pada tanggal 30 Agustus 2023 juga dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, Dandim 0421/LS Letkol Inf Fajar Akhirudin, dan Kajari Lampung Selatan Dwi Astuti Beniyati.

Kehadiran mereka memberikan gambaran kuat tentang dukungan penuh pemerintah daerah terhadap proses demokrasi yang berjalan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, turut hadir dalam acara tersebut bersama dengan sejumlah pejabat utama di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Hal ini menunjukkan sinergi yang kuat antara aparat keamanan, pemerintah daerah, dan berbagai unsur masyarakat dalam menjaga kelancaran pelaksanaan Pilkades.

Temukan Artikel Viral kami di Google News