Peluncuran iPhone 15 Series: Apple Siap Menggeser Samsung dari Puncak Pasar Smartphone

iPhone 15 Kapan Rilis, Cek Jadwalnya dan Bocoran Spesifikasi Harganya, sumber : Sigermedia.com
iPhone 15 Kapan Rilis, Cek Jadwalnya dan Bocoran Spesifikasi Harganya, sumber : Sigermedia.com

HarianLampung.co.id –┬áPada waktu yang tidak terlalu lama lagi, Apple akan menghadirkan angin segar bagi dunia teknologi dengan peluncuran seri 15.

Menurut prediksi dari TrendForce, analis pasar ternama, Apple akan mendominasi pasar smartphone global setelah merilis kuartet Series mereka.

Pertarungan di Puncak Pasar Ponsel Dunia

Menurut laporan TrendForce, saat ini Samsung masih menduduki puncak pasar ponsel dunia dengan mengirimkan total 53,9 juta unit ponsel pada kuartal kedua tahun 2023.

Namun, jika dilihat dari persentase per kuartal, pengiriman ponsel Samsung mengalami penurunan sebesar 12,4 persen.

Meskipun demikian, Samsung masih menguasai pangsa pasar smartphone dunia sebesar 19,8 persen.

Perlu diingat bahwa Samsung baru-baru ini meluncurkan dua ponsel lipat, yaitu Samsung Galaxy Z Fold5 dan Galaxy Z Flip5 pada kuartal ketiga.

Namun, dampak atau kontribusi dari kedua ponsel ini terhadap pangsa pasar Samsung belum dapat dipastikan.

Apple Memosisikan Diri di Posisi Kedua

Sementara itu, Apple berada di posisi kedua dengan mengirimkan total 42 juta unit ponsel pada kuartal tersebut. Ini menandai penurunan sebesar 21,2 persen dari kuartal sebelumnya.

Meskipun demikian, Apple masih menguasai 15,4 persen pangsa pasar smartphone global.

Menurut TrendForce, kuartal kedua seringkali menjadi “musim paceklik” bagi Apple, karena banyak calon konsumen yang lebih memilih menunggu seri iPhone terbaru atau mencari diskon pada model-model lama.

Peluang Besar bagi Apple dari Lini iPhone 15

Apple memiliki peluang besar untuk menggeser Samsung dari posisi teratas dalam persaingan pasar smartphone global jika seri iPhone 15 dapat memenuhi atau bahkan melampaui ekspektasi pasar.

Menariknya, Apple dan Samsung saat ini bersaing ketat dalam proyeksi produksi tahunan mereka. Jika seri iPhone 15 berhasil mengungguli ekspektasi pasar, maka Apple memiliki peluang besar untuk merebut posisi pemimpin pasar global dari Samsung, seperti yang diungkapkan dalam laporan TrendForce.

Prediksi Pertumbuhan Pengiriman iPhone 15 Series

Analisis ini sejalan dengan laporan IDC yang diterbitkan beberapa minggu yang lalu. Menurut IDC, pengiriman iPhone 15 Series diperkirakan akan tumbuh sebesar 1,1 persen pada tahun ini, mencapai 19,9 persen pangsa pasar, dan mencatatkan rekor pengiriman baru.

Apple diuntungkan oleh fakta bahwa iPhone diprediksi lebih tangguh dalam menghadapi tantangan makro tahun ini jika dibandingkan dengan merek-merek ponsel Android.

Pangsa pasar ponsel Android diperkirakan akan mengalami penurunan hingga 6 persen dalam tahun ini.

IDC menjelaskan, “IDC memperkirakan pengiriman iOS akan mengalami pertumbuhan 1,1 persen pada tahun 2023, dan mencapai pangsa pasar tertinggi sepanjang masa, karena iOS tetap lebih tangguh dalam menghadapi tantangan makro dibandingkan dengan Android yang diperkirakan akan mengalami penurunan 6 persen tahun ini.”

Tanggal Peluncuran iPhone 15 Series

Apple dijadwalkan akan merilis iPhone 15, 15 Plus, 15 Pro, dan 15 Pro Max pada tanggal 12 September mendatang. Peluncuran ini akan dilakukan dalam acara Apple Event 2023 dengan tema ‘Wonderlust’.

Selain iPhone, kita juga dapat mengharapkan kehadiran Apple Watch dan generasi terbaru AirPods dalam acara tersebut.

Dengan begitu banyak yang diantisipasi dalam seri iPhone 15 ini, dunia akan menunggu dengan penuh ekspektasi bagaimana Apple akan melangkah lebih jauh dalam mengukir sejarahnya di pasar smartphone global.

Dalam pertarungan sengit melawan Samsung, Apple mungkin saja mengambil alih puncak pasar smartphone dunia. Kita semua akan segera mengetahuinya.

Rate this post
Temukan Artikel Viral kami di Google News