Media Inspirasi Masa Kini

Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung Luncurkan Aplikasi Delima Beraksi

Aplikasi Delima BerAksi

HarianLampung.co.id – Bandar Lampung, Inovasi terbaru di bidang pendidikan datang dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung dengan peluncuran aplikasi revolusioner bernama “Delima Beraksi”. Peristiwa bersejarah ini dihelat di Aula Mufakat Jejama Disdikbud pada hari Senin, 11 Desember 2023.

Misi Delima Beraksi: Digitalisasi dan Peningkatan Mutu Pendidikan

“Aplikasi Delima Beraksi ini sebuah keniscayaan sehingga di pandang perlu melakukan suatu terobosan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat,” ujar Kepala Disdikbud, Hj. Eka Afriana, S.Pd, yang mewakili Wali Kota Bandar Lampung dalam peluncuran aplikasi ini.

Delima Beraksi, kepanjangan dari Digitalisasi Leadership Manajemen – Berbagi, Aktif, Kreatif, Solutif, dan Inovatif, menandai langkah maju dalam membawa pendidikan menuju dunia digital.

Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Transformasi Digital untuk Pendidikan yang Lebih Baik

Aplikasi Delima Beraksi, yang dapat diakses melalui website resmi https://disdikbud.bandarlampung.go.id, bertujuan untuk meningkatkan capaian mutu pendidikan dan mencapai indikator prioritas yang ditetapkan dalam Rapor Pendidikan.

“Platform ini untuk memonitoring, supervisi, dan evaluasi terkait peningkatan mutu pendidikan, program pemanfaatan rapor pendidikan, dan perencaan berbasis data,” tambahnya.

Terintegrasi untuk Peningkatan Kinerja

Aplikasi Delima Beraksi tidak hanya sebuah aplikasi, tetapi sebuah ekosistem digital yang terintegrasi dengan seluruh satuan pendidikan di bawah lingkungan Disdikbud Bandar Lampung.

Dari jenjang PAUD, SD, hingga SMP, aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam mencapai mutu pendidikan.

Konten-Konten Pendidikan yang Menarik

Selain menjadi alat monitoring dan evaluasi, Delima Beraksi juga menyediakan konten-konten pendidikan penting seperti Rapor Pendidikan masing-masing sekolah, Perencaan Berbasis Data, Instrumen Monitoring, Supervisi, dan Evaluasi.

“Tak hanya itu, juga berisikan konten RKAS (Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah) sebagai tindak lanjut analisis Rapor Pendidikan, serta evaluasi realisasi pelaksanaan kegiatan,” jelasnya.

Dukungan Penuh dari Pemerintah Kota Bandar Lampung

Perancangan aplikasi ini mendapatkan dukungan penuh dari Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, Sekretaris Daerah Iwan Gunawan, M.M, serta Asisten I Drs. Sukarma Wijaya.

“Kami menyadari aplikasi ini belum 100 persen sempurna, sehingga kami masih membutuhkan masukan-masukan dari komponen pendidikan untuk penyempurnaannya,” tambahnya.

Ucapan Selamat dari Pemerintah Kota

Kepala Badan Kesbangpol, Drs. Seraden, M.M, mengucapkan selamat atas diluncurkannya aplikasi Delima Beraksi yang menjadi terobosan baru Disdikbud Bandar Lampung.

“Atas nama Pemkot Bandar Lampung, saya ucapkan selamat kepada Kepala Disdikbud yang mampu memprakarsai aplikasi ini. Semoga pendidikan kita semakin hebat,” ujarnya.

Temukan Artikel Viral kami di Google News